Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan | Borneotribun.com -->

Selasa, 15 November 2022

Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan

Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan. (Adpim Pemprov Kalbar)
KUBU RAYA - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H, M.Hum. didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Lismaryani menghadiri Ekspresi Gemilang Kebudayaan dan Talkshow Pemajuan Kebudayaan di Aula Qubu Resort Jalan A.Yani 2, Senin (14/11/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat mengatakan bahwa Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya dan berbagai keberagaman, yang  melahirkan bentuk budaya beraneka ragam.
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan.
"Inovasi di bidang kebudayaan penting dan bukan untuk mengubah, bukan untuk melahirkan ekspresi baru yang menghilangkan adat budayanya yang sudah terpakem dengan baik."

"Saya berharap dengan keberagaman ini kita bisa membangun Kalimantan Barat lebih baik, lebih sejahtera dan budaya maupun kebudayaan keberagaman suku bangsa, bahasa ini bisa menjadi modal kita untuk membangun negara, membangun Kalimantan Barat dan membangun daerah kita ini lebih maju lagi dan untuk kesejahteraan masyarakat kita semua," ungkap Sutarmidji.
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan.
Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini juga berharap kepada Paguyuban yang ada di Kalimantan Barat untuk jangan mengedepankan perbedaan - perbedaan untuk persaingan, tetapi kedepankan perbedaan itu untuk menjadi Hasana melahirkan kemajuan.

"Kompetisi silahkan, tapi kompetisi yang betul - betul sehat dan betul - betul berlandaskan pada tata kehidupan berbangsa dan bernegara," terangnya.

Kemudian dalam budaya yang dipengaruhi oleh ajaran agama jangan sampai salah  tafsir,  yang bisa membuat sekat karena kreativitas budaya yang dilatarbelakangi tokoh agama itu dibuat untuk persatuan dan bukan untuk menimbulkan perbedaan, apalagi persaingan yang tidak berdasarkan pada tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya harap itu, karena kita membangun dan kita tumbuh kembangkan tak lain demi kesejahteraan seluruh masyarakat Kalimantan Barat tanpa terkecuali," ungkap Gubernur Kalbar.
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan
Keberagaman Kebudayaan Untuk Percepatan Pembangunan.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani berharap,  Festival Budaya ini untuk setiap tahun harus terus dilaksanakan agar budaya kita di Kalimantan Barat bisa hidup kembali.

"Saya sebagai Ketua Dekranasda sangat menyambut baik kegiatan ini, saya berhadap dengan diadakannya kegiatan seperti ini akan menumbuhkembangkan rasa cinta akan budaya serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Ini baru pertama kali diadakan di tahun ini,  Insya Allah tahun depan bisa lanjut, jadi tiap tahun harus terus diagendakan," pintanya.

(ian/irf)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar