Melawat ke Moskow, Wang Yi: “Hubungan China-Rusia Kokoh Bagaikan Karang” | Borneotribun.com -->

Kamis, 23 Februari 2023

Melawat ke Moskow, Wang Yi: “Hubungan China-Rusia Kokoh Bagaikan Karang”

Melawat ke Moskow, Wang Yi: “Hubungan China-Rusia Kokoh Bagaikan Karang”
Foto: Direktur Kantor Pusat Komisi Hubungan Internasional China, Wang Yi, berbicara dalam Konferensi Keamanan Munich (MSC) di Munich, Jerman, pada 18 Februari 2023. (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)
JAKARTA - Pejabat paling senior untuk urusan kebijakan luar negeri China Wang Yi, pada Selasa (21/2), melangsungkan pertemuan dengan Kepala Dewan Keamanan Nasional Rusia Nikolai Patrushev di sela-sela lawatannya ke Moskow.

Dalam pertemuan itu Patrushev menyerukan kerja sama yang lebih erat dengan Beijing untuk melawan tekanan Barat, dan bahwa Barat berupaya menghalangi hubungan Rusia-China.

“Di tengah kampanye Barat untuk menghalang-halangi hubungan Rusia-China, sangat penting untuk lebih memperdalam koordinasi dan kerjasama Rusia-China di dunia internasional,” ujar Patrushev.

Patrushev mengatakan pengembangan “kemitraan strategis” dengan China tetap menjadi prioritas utama Rusia.

Wang Yi Yakin Hubungan China-Rusia akan Bertahan

Hal senada disampaikan Wang Yi, yang mengatakan, “Hubungan China-Rusia kokoh bagaikan karang. Hubungan ini akan bertahan dalam ujian situasi internasional yang terus berubah. China, bersama Rusia, sesuai kesepakatan di tingkat tertinggi, siap mempertahankan kepentingan nasional dan memperkuat kerja sama. Konsultasi dengan Rusia adalah salah satu saluran komunikasi yang sangat efektif antara kedua negara, yang memainkan peran unik dalam membangun rasa saling percaya.”

Kedua negara telah melangsungkan serangkaian latihan militer yang menunjukkan hubungan pertahanan yang semakin erat di tengah ketegangan antara Rusia dan Amerika Serikat.

Wang juga akan melangsungkan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada hari Rabu (22/2).

Kremlin mengatakan kemungkinan Wang juga akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dalam lawatannya kali ini. [em/jm]

Oleh: VOA Indonesia
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar