Presiden menekankan, pengembangan IKN harus selalu memperhatikan lingkungan | Borneotribun.com -->

Kamis, 23 Februari 2023

Presiden menekankan, pengembangan IKN harus selalu memperhatikan lingkungan

Presiden menekankan, pengembangan IKN harus selalu memperhatikan lingkungan
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Ibukota Nusantara (IKN), Ruas 3B Ruas KKT Kariangau - Sp. Tempadung, Kota Balikpapan, Rabu (22/02/2022). (Foto: Setpres BPMI/Laily Rachev)
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Jalan Tol Ibukota Nusantara (IKN), Ruas 3B Ruas KKT Kariangau - Sp. Tempadung, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (22/02/2023).

Dalam keterangan pers usai peninjauan, Presiden Jokowi menegaskan bahwa semua pihak harus selalu memperhatikan lingkungan saat melaksanakan pembangunan di IKN ini.

“Hal terpenting yang selalu saya ingatkan, bagi yang di lapangan terkait dengan lingkungan, karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara ini adalah konsep lingkungan, sehingga sekalipun Hal sekecil apapun yang berkaitan dengan lingkungan harus diperhatikan," jelasnya.

Presiden Jokowi juga tidak segan-segan memberikan peringatan jika ada pihak yang tidak memperhatikan aspek lingkungan saat membangun IKN.

“Kalau ada hal-hal terkait lingkungan yang tidak diperhatikan, saya pastikan akan ditegur, karena konsepnya sekali lagi konsep lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Negara juga mengatakan bahwa jalan tol dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN dapat ditempuh hanya dalam waktu setengah jam dari Kota Balikpapan.

“Ya, ini jalan tol dari Balikpapan ke area utama yang jaraknya sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Balikpapan. Kita sudah jalan ke lapangan, kita bisa lihat. Kita berharap ini infrastruktur pertama yang akan dibangun. dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Soal pembebasan lahan di kawasan IKN, Presiden menjelaskan, pemerintah telah menyelesaikan persoalan tersebut.

“Tidak ada. Kemarin ya, tapi hari ini Menteri Pekerjaan Umum sudah menginformasikan ke saya tidak ada masalah. Baru bayar bulan Maret minggu depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi memastikan pengembangan IKN ini tidak boleh merugikan masyarakat.

“Yang kemarin saya sampaikan kepada kepala dinas, Pak Bambang, jangan ada masyarakat yang dirugikan dengan pembangunan Ibukota Nusantara ini,” pungkasnya.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Kepala Badan Kewenangan IKN Bambang Susantono.

(RSF/AIT/SND)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar