Operator Kapal Ekpres Ketapang Pontianak Berencana Tambah Armada Sambut Lebaran 2023, Persoalkan Izin Operasional | Borneotribun.com -->

Jumat, 03 Maret 2023

Operator Kapal Ekpres Ketapang Pontianak Berencana Tambah Armada Sambut Lebaran 2023, Persoalkan Izin Operasional

Operator Kapal Ekpres Ketapang Pontianak Berencana Tambah Armada Sambut Lebaran 2023, Persoalkan Izin Operasional
Express Bintang Rezeki saat berada di pelabuhan Sukabangun Ketapang.
Ketapang, Kalbar - Calon penumpang kapal ekpres jurusan Ketapang Pontianak, Budi (29) mengusulkan agar operator kapal cepat Bintang Rezki Ekpres menambah armada angkutan kapal melihat banyaknya jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan air tersebut.

Ia mengatakan, di hari normal saja, penumpang sudah banyak yang tidak diberangkatkan karena tidak mendapatkan tiket apalagi jelang lebaran tahun 2023 ini. 

Hal ini katanya disebabkan harga tiket pesawat dibandingkan dengan ekpres sangat jauh berbeda. Sedangkan jalur darat, juga dikatakan dia cukup memakan waktu lama dan melelahkan dan ongkosnya dianggap relatif sama. 

"Sehingga pilihannya hanya kapal ekpres ini yang mudah dan terjangkau. Kita berharap agar ditambah kapalnya biar semua calon penumpang yang mau ke Pontianak bisa diberangkatkan," kata lelaki 30 tahun itu, Jumat (03/03/23).

Saat dikonfirmasi, direktur operasional PT Pelayaran Al Firdaus Barokah Ketapang H Abdul Muthalib mengatakan kondisi tersebut sudah mereka pahami. Pihaknya sedang melakukan evaluasi rencana penambahan armada angkutan menjawab harapan publik tersebut. 

Namun ucap dia, rencana penambahan itu perlu dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang terutama menyangkut perizinan operasional agar lebih dipermudah.

Karena terang dia, masalah perizinan masih menjadi momok lantaran waktu pengurusannya terbilang lama dan rumit.

"Dulu saat kami mau mengoperasikan ekpres yang sekarang ini, cukup sulit dan lama soal perizinan ini. Semoga kali ini bisa lebih cepat dan dipermudah jika rencana penambahan kapal kami jadi kami wujudkan," kata Abdul, (03/03/23) di Ketapang.

Dia mengatakan, armada saat ini yang beroperasi memang baru satu kapal dengan kapasitas penumpang 60 tempat duduk. 

Perusahaanya masih berupaya menambah satu lagi kapal cepat dengan daya tampung penumpang lebih banyak. Namun kata dia, rencana tersebut sedang dikaji dari berbagai aspek.

"Jika perhitunganya dan perizinanya sesuai, maka bisa saja kami tambah guna memenuhi harapan masyarakat Ketapang itu,. Ini masih kita kaji dulu, tak bisa buru buru"pungkasnya.

Oleh: Muzahidin

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar