Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya: Hakim Nyatakan Vonis dalam Pidato Emosional | Borneotribun.com -->

Sabtu, 04 Maret 2023

Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya: Hakim Nyatakan Vonis dalam Pidato Emosional

Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya

JAKARTA - Dalam momen yang menakjubkan di ruang sidang, hakim dalam persidangan pembunuhan Alex Murdaugh berbicara dengan tegas sebelum menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup pada Jumat dalam pembunuhan istri dan putranya. 

Hakim Clifton Newman sangat pribadi dan tajam dalam pidatonya yang panjang, mengatakan bahwa istri dan putranya yang terbunuh harus "datang dan mengunjunginya" setiap kali dia mencoba tidur.

Hakim juga menggambarkan betapa "menghancurkannya" melihat Murdaugh, seorang pengacara terhormat yang pernah ia temui berkali-kali di pengadilan dan secara sosial, berubah dari dulu digambarkan sebagai ayah dan suami yang berduka menjadi terbukti bersalah melakukan pembunuhan.

Berikut adalah bagaimana Newman menghadapi Murdaugh sebelum menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup padanya:

Kehancuran seorang pengacara yang dulu terkenal

"Ini mungkin salah satu kasus yang paling mengkhawatirkan, tidak hanya bagi saya sebagai hakim, bagi negara, tim pembela, tetapi juga bagi seluruh warga di komunitas ini, seluruh warga negara ini, karena berdasarkan liputan media di seluruh negeri, Anda memiliki seorang istri yang telah dibunuh, dibantai. Seorang putra yang dibunuh secara kejam. 

Seorang pengacara, seorang anggota keluarga terhormat yang telah mengendalikan keadilan di komunitas ini selama lebih dari satu abad, seorang yang potret kakeknya tergantung di belakang gedung pengadilan yang saya harus memerintahkan untuk dihapus agar memastikan bahwa persidangan yang adil dilakukan oleh negara dan pembela.

Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya
Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya.

"Dan ini sangat mengkhawatirkan, Tuan Murdaugh, karena sebagai anggota komunitas hukum, dan seorang anggota komunitas hukum yang terkenal, Anda telah berpraktik hukum di depan saya, dan kita sudah sering bertemu pada berbagai kesempatan selama bertahun-tahun, dan itu sangat memilukan bagi saya untuk melihat Anda di media berubah dari seorang ayah yang berduka karena kehilangan istri dan putranya menjadi tersangka dan terbukti membunuh mereka, dan Anda telah terlibat dalam perilaku yang sangat licik di ruang sidang ini, di kursi saksi, dan seperti yang terbukti oleh kesaksian selama waktu yang terjadi dari saat dakwaan dan sebelum dakwaan hingga selama persidangan hingga saat ini, tentu saja Anda tidak memiliki kewajiban untuk mengatakan apa pun selain mengatakan tidak bersalah.

"Tentu saja, karena banding mungkin diharapkan atau diharapkan sepenuhnya, saya tidak mengharapkan pengakuan jenis apapun. Bahkan, karena saya telah memimpin kasus pembunuhan selama 22 tahun terakhir, saya belum menemukan terdakwa yang bisa mengulang kembali saat mereka memutuskan untuk menarik pelatuk atau melakukan pembunuhan orang lain. Saya belum bisa mendapatkan siapa pun, termasuk mereka yang mengakui bersalah, untuk kembali dan menjelaskan kepada saya apa yang terjadi pada saat mereka memutuskan untuk menarik pelatuk, pada saat mereka memutuskan untuk melakukan kejahatan paling keji yang dikenal manusia."

Dalam pengakuan di persidangan, Murdaugh mengaku "telah berbohong dan terus berbohong."

"Kasus ini memenuhi syarat di bawah undang-undang hukuman mati kami berdasarkan keadaan yang memperberat, yaitu dua orang dibunuh oleh terdakwa dalam satu tindakan atau sesuai dengan satu rencana atau tindakan," kata Newman. "Saya sama sekali tidak mempertanyakan keputusan negara untuk tidak mengejar hukuman mati. Tapi saat saya duduk di ruang sidang ini dan melihat sekitar banyak potret hakim dan pejabat pengadilan lainnya dan merenungkan fakta bahwa selama satu abad terakhir, keluarga Anda, termasuk Anda, telah menuntut orang di ruang sidang ini dan banyak yang menerima hukuman mati, mungkin untuk perilaku yang lebih ringan."

"Ingatkan saya akan ungkapan yang Anda ucapkan di ruang saksi. Oh, apa jaring laba-laba yang rumit. Apa yang Anda maksud dengan itu?"

"Saya maksud ketika saya berbohong, saya terus berbohong," jawab Murdaugh.

"Dan pertanyaannya adalah kapan akan berakhir? Kapan akan berakhir? Dan sudah berakhir bagi juri, karena mereka telah menyimpulkan bahwa Anda terus berbohong dan berbohong sepanjang kesaksian Anda. Dan mungkin dengan semua orang di sini, sebagian besar dari mereka percaya atau 80, 90% atau 99% percaya bahwa Anda terus berbohong sekarang ketika Anda mengeluarkan pernyataan penolakan kepada pengadilan."

Opioid mungkin membuat Murdaugh menjadi 'monster'

“Kami melakukan sidang pendahuluan di mana Anda mengklaim berada di tempat lain pada saat kejahatan terjadi, dan kemudian setelah semua saksi meletakkan Anda di tempat kejadian, dalam menit atau hari terakhir Anda mengubah pendirian dan mengakui bahwa Anda berada di sana. Dan kemudian itu memerlukan lebih banyak kebohongan dan terus berbohong, dan saya katakan kapan akan berakhir, itu sudah berakhir bagi banyak orang yang telah mendengar Anda dan menyimpulkan bahwa itu tidak akan pernah berakhir.

“Namun, dalam jiwa Anda sendiri, Anda harus berurusan dengan itu. Dan saya tahu Anda harus melihat Paul dan Maggie selama malam ketika Anda mencoba tidur. Saya yakin mereka datang dan mengunjungi Anda, saya yakin.”

Murdaugh menjawab: "Sepanjang hari dan setiap malam."

“Saya yakin,” kata Newman. “Dan mereka akan terus melakukannya. Dan ingatlah pada saat terakhir mereka menatap matamu, saat kamu menatap juri dengan mata tegak.”

“Seorang yang selalu bersifat ramah dan menyenangkan menyebabkan hidupnya terjerat dalam jaring laba-laba, dalam situasi seperti yang kamu alami. Sangat disayangkan karena kamu memiliki keluarga yang begitu menyenangkan, termasuk dirimu sendiri. Dari situasi itu, kamu menjadi saksi dan bukan lagi pengacara, dan sekarang kamu memiliki kesempatan terakhir untuk mengajukan banding sebagai mantan pengacara.”

Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya
Pengacara Terkenal Dipenjara Seumur Hidup karena Pembunuhan Istri dan Putranya/

Murdaugh bersikeras: “Saya akan mengatakan lagi. Saya menghormati pengadilan ini, tetapi saya tidak bersalah. Saya tidak akan pernah dalam keadaan apa pun menyakiti istri saya Maggie dan saya tidak akan pernah dalam keadaan apa pun menyakiti anak laki-laki saya, paw-paw.”

“Dan mungkin bukan kamu,” jawab Newman. “Mungkin itu adalah monster yang kamu menjadi ketika kamu mengonsumsi 15, 20, 30, 40, 50, 60 pil opioid, dan mungkin kamu menjadi orang lain. Saya pernah melihatnya sebelumnya. Orang yang berdiri di hadapan saya bukanlah orang yang melakukan kejahatan, meskipun itu adalah individu yang sama. Kita akan berhenti di situ saja.”

"Saya dapat membayangkan pada hari itu, 7 Juni, ketika seorang pengacara dihadapkan dan mengaku telah mencuri lebih dari setengah juta dolar dari klien, dan dia memiliki seorang pengejar seperti Mark Tinsley yang mengupayakan penyelidikan dalam kasus kematian Mallory Beach dan memiliki seorang ayah yang kebanyakan berada di atas ranjang kematiannya. Saya dapat membayangkan, atau sebenarnya saya tidak dapat membayangkannya, tetapi saya tahu itu pasti banyak yang terlintas di pikiran Anda pada hari itu. Namun, yang luar biasa adalah ketika Anda datang dan bersaksi bahwa itu hanya hari biasa, bahwa istri dan anak saya serta saya sedang menikmati hidup. Ini tidak kredibel. Ini tidak dapat dipercayai. Anda mungkin bisa meyakinkan diri sendiri tentang itu, tetapi jelas Anda tidak mampu meyakinkan orang lain tentang hal itu.

“Jadi, jika Anda membuat argumen semacam itu sebagai seorang pengacara, Anda akan kalah dalam setiap kasus seperti itu, kasus-kasus yang tidak akan pernah Anda miliki kesempatan untuk berargumen lagi, kecuali mungkin kasus Anda sendiri saat Anda duduk di Departemen Koreksi.

“Ada hal lain?” tanya hakim.

"Tidak, tuan," jawab pengacara Murdaugh.

“Tuan Murdaugh, saya menghukum Anda ke Departemen Koreksi negara atas setiap dakwaan pembunuhan. Dalam pembunuhan istri Anda Maggie Murdaugh. Saya menghukum Anda dengan masa hukuman seumur hidup. Untuk pembunuhan Paul Murdaugh, yang mungkin sangat Anda cintai, saya menghukum Anda dengan penjara atas pembunuhannya selama sisa hidup Anda. Hukuman itu akan dijalankan secara beruntun. Di bawah undang-undang tentang kepemilikan senjata selama kejahatan kekerasan tidak ada hukuman, di mana hukuman seumur hidup dikenakan pada dakwaan lain. Itulah hukuman dari pengadilan dan Anda diserahkan kepada Departemen Koreksi negara. Dan petugas dapat melaksanakan vonis tersebut." (*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar