Ramaikan Hari Raya Idul Fitri Dengan Festival Meriam Karbit Di Sekadau | Borneotribun.com -->

Kamis, 13 April 2023

Ramaikan Hari Raya Idul Fitri Dengan Festival Meriam Karbit Di Sekadau

Festival Meriam Karbit Bupati Cup Jelang Idul Fitri.
Sekadau, Kalbar - Kegiatan Festival Meriam Karbit Bupati Cup di Sekadau diadakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri dan menjadi ajang untuk mempromosikan kebudayaan daerah Sekadau.

Didi Arisandi, salah satu panitia Festival Meriam Karbit Bupati Cup Kabupaten Sekadau, telah mengungkapkan bahwa proses penilaian dalam lomba karbit dimulai dari stand karbit keraton dan berakhir di stand karbit tanjung pada malam penyambutan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Selain itu, dimalam yang sama dilakukan penilaian dan penerimaan hadiah di stand karbit ONTA Desa Tanjung.

"Lomba karbit tersebut memiliki beberapa kategori dan persyaratan peserta. Pertama, meriam karbit harus terbuat dari batang kayu (bukan papan). Kedua, minimal setiap stand harus memiliki 2 buah meriam. Ketiga, yang dinilai hanya 2 buah meriam. Keempat, setiap peserta harus memiliki susunan kepanitiaan yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan anggota. Kelima, setiap peserta harus memiliki tempat stand khusus untuk meletakkan meriam karbit, posisi meriam bisa di dalam, di samping, atau di depan stand," jelas Didi, Kamis (13/4/2023).

Sementara, kata Didi, kategori penilaian dalam lomba karbit tersebut terdiri dari empat bagian. Pertama, meriam karbit dinilai 10 poin. Kedua, suara meriam karbit dinilai 30 poin. Ketiga, keindahan stand meriam karbit yang meliputi jumlah meriam karbit di setiap stand dan kreativitas dekorasi stand dinilai 30 poin. Keempat, kekompakan peserta dalam hal keseragaman pakaian dan ketertiban dinilai 30 poin.

Dirinya menuturkan bahwa lomba karbit ini diadakan sebagai bagian dari tradisi menyambut Idul Fitri di Kabupaten Sekadau.

"Dalam perlombaan, peserta menampilkan meriam karbit terbaik mereka. Selain sebagai hiburan, lomba karbit juga dijadikan sebagai ajang memperkenalkan kebudayaan dan keindahan Kabupaten Sekadau kepada masyarakat luas," ungkap Didi.

Lebih lanjut kata Didi, jum'at pagi (14/4) Bupati Sekadau, Aron beserta panitia Karbit akan menyalurkan bantuan kepada masing-masing Tim Karbit yang mengikuti perlombaan Festival Meriam Karbit Bupati Cup Kabupaten Sekadau.

"Besok sore Bupati Sekadau dan Paniti akan menyerahkan bantuan kepada peserta karbit di Surau Kampung tebal, insyaAllah pukul 16.30," tutup Didi.

(Tim/R. Hermanto)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar