Balai Besar POM di Pontianak Mengadakan Bimbingan Teknis untuk Petugas dan Fasilitator Pasar di Sekadau | Borneotribun.com -->

Rabu, 26 Juli 2023

Balai Besar POM di Pontianak Mengadakan Bimbingan Teknis untuk Petugas dan Fasilitator Pasar di Sekadau

Balai Besar POM di Pontianak Mengadakan Bimbingan Teknis untuk Petugas dan Fasilitator Pasar di Sekadau
PONTIANAK - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Pontianak menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi petugas pasar dan fasilitator pasar.

Acara ini dilaksanakan di aula UMKM Center Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh para peserta dari Kabupaten Sekadau ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, St. Emanuel.

Dalam sambutannya, St. Emanuel menyampaikan apresiasi kepada Balai BPOM di Pontianak atas terselenggaranya kegiatan bimtek yang penting dan strategis ini.

"Emanuel menyebutkan, melalui kegiatan bimtek tersebut ia berharap agar para peserta yang hadir dapat secara saksama mendengarkan penyampaian materi dari para narasumber kegiatan itu," jelas St. Emanuel.

Lebih lanjut, St. Emanuel mengungkapkan pentingnya kegiatan pasar pangan aman berbasis komunitas dan bagaimana hal ini akan berdampak baik bagi Kabupaten Sekadau di masa depan.

Ia juga menekankan bahwa seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga tingkat kabupaten, memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menjamin ketersediaan pangan yang aman dan menjaga kesehatan dari bahan pangan yang beredar di pasaran.

"Tidak hanya pemerintah yang harus bertindak, tetapi sinergi dan kerjasama lintas sektoral dari berbagai pihak, termasuk BPOM, LSM, relawan, dan masyarakat luas, sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini," tegas St. Emanuel.

Di sisi lain, Mulyono, selaku penanggung jawab kader keamanan pasar BBPOM di Pontianak, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan bimtek ini adalah memberikan pelatihan kepada petugas dan fasilitator pasar di Kabupaten Sekadau.

Para peserta diharapkan akan menjadi petugas pasar yang bertanggung jawab dalam melakukan uji sampling dan uji pangan yang beredar di masyarakat.

"Kemudian, para peserta juga berperan sebagai fasilitator yang akan menyampaikan ilmu dan pengetahuan terkait keamanan pasar dan keamanan pangan kepada masyarakat," ungkap Mulyono.

Dengan adanya kegiatan bimtek ini, diharapkan para petugas dan fasilitator pasar di Kabupaten Sekadau akan semakin mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keamanan pangan.

Kerjasama antarinstansi juga diharapkan akan semakin ditingkatkan untuk menciptakan pasar pangan yang aman dan terjamin kualitasnya bagi seluruh masyarakat.

(Tim/Hermanto)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar