Pertemuan Jokowi dan Xanana Gusmao: Kesepakatan Penting bagi Hubungan Indonesia-Timor-Leste | Borneotribun.com -->

Sabtu, 27 Januari 2024

Pertemuan Jokowi dan Xanana Gusmao: Kesepakatan Penting bagi Hubungan Indonesia-Timor-Leste

Pernyataan Pers Bersama Presiden Jokowi dan PM Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/02/2024). (Foto: Humas Setkab/Jay)
Pernyataan Pers Bersama Presiden Jokowi dan PM Xanana Gusmao, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/02/2024). (Foto: Humas Setkab/Jay)
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste, Xanana Gusmao, melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (26/01/2024) yang menghasilkan kesepakatan dalam beberapa hal penting.

Dalam konferensi pers bersama, Presiden Jokowi menyatakan bahwa pertemuan tersebut telah mencapai kesepakatan untuk mendorong penyelesaian perundingan perbatasan kedua negara.

"Saya juga menyambut baik reaktivasi joint border committee untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas," ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. 

Presiden Jokowi mengapresiasi komitmen Pemerintah Timor-Leste dalam menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi. 

Dia juga mengungkapkan penghargaan atas kepercayaan Timor-Leste terhadap BUMN Indonesia dalam proyek-proyek seperti pembangunan jalan di Oekusi dan perluasan Bandara Internasional Dili.

Tidak hanya dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Timor-Leste juga berencana untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi di kedua negara. 

Kepala Negara menyatakan bahwa penandatanganan MoU kerja sama teknologi informasi akan mendorong kerja sama infrastruktur telekomunikasi, termasuk investasi dalam fiber optik.

Dalam konteks kerja sama di kawasan, Indonesia berkomitmen untuk mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN. 

Presiden Jokowi juga menyinggung pembahasan isu Myanmar, di mana keduanya sepakat untuk mendukung Keketuaan Laos di ASEAN tahun ini dalam mendorong implementasi 5PC (Five-Point Consensus).

Presiden Jokowi juga mengungkapkan apresiasi atas kunjungan PM Xanana Gusmao ke Indonesia, menyebutnya sebagai bentuk kerja sama erat kedua negara.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Xanana Gusmao sejak dilantik bulan Juli yang lalu, ini menunjukkan hubungan kedua negara Timor-Leste dan Indonesia yang semakin erat," ujar Presiden Jokowi.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar