Telkom Putussibau Dikecam, Gangguan Internet Terus Meresahkan | Borneotribun.com -->

Jumat, 26 Januari 2024

Telkom Putussibau Dikecam, Gangguan Internet Terus Meresahkan

Gambar ilustrasi. Telkom Putussibau Dikecam, Gangguan Internet Terus Meresahkan.
Gambar ilustrasi. Telkom Putussibau Dikecam, Gangguan Internet Terus Meresahkan.
KAPUAS HULU - Pejabat Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), menyuarakan kebutuhan mendesak akan peningkatan layanan internet di wilayah tersebut yang sering mengalami gangguan dan putusnya konektivitas.

"Peningkatan layanan internet menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena saat ini hampir semua aspek kehidupan telah bergantung pada internet, termasuk pelayanan pemerintah, kebutuhan masyarakat, dan aktivitas bisnis. Bahkan dalam konteks pelaksanaan pemilihan umum, internet menjadi kebutuhan esensial," ungkap Kepala Diskominfotik Kabupaten Kapuas Hulu, Hadi Pranata, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Telkom Putussibau telah mengeluarkan pengumuman pada Kamis (25/1) melalui media sosial kepada pelanggan mengenai perbaikan kabel penghubung Sintang-Putussibau yang putus karena pekerjaan galian jalan, yang mengakibatkan gangguan pada jaringan Telkom Group di Putussibau dan sekitarnya.

Hadi menyatakan telah berkoordinasi dan mengajukan keluhan langsung dari masyarakat kepada pihak Telkom untuk meningkatkan kualitas layanan internet.

"Kami telah berkoordinasi secara langsung dengan pihak Telkom untuk memantau jaringan internet di 23 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, namun tampaknya perlu juga kami sampaikan secara tertulis," ujarnya.

Ia menekankan bahwa internet kini menjadi kebutuhan mendasar di segala bidang, terutama dalam pelayanan publik.

Di sisi lain, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Yusuf, menyoroti perlunya stabilitas jaringan internet menjelang pemilu, mengingat hampir semua tahapan pemilu menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses internet.

Yusuf berjanji akan mengoordinasikan dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan layanan internet yang lebih stabil guna menyukseskan pelaksanaan pemilu, terutama dalam proses pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi hasil suara.

"Kami sangat mengharapkan agar jaringan internet menjadi lebih stabil, karena ini berkaitan dengan agenda nasional di mana hampir seluruh proses pemilu menggunakan internet. Jika terjadi gangguan pada hari pemungutan suara, maka perhitungan suara harus dilakukan melalui aplikasi offline," paparnya.

Sementara itu, Ernawati, seorang pelaku usaha yang mengandalkan internet untuk aktivitasnya, merasa sangat terganggu dengan gangguan yang sering terjadi di Kapuas Hulu.

Dia menilai bahwa Telkom belum berhasil menangani masalah putusnya jaringan internet dengan baik, terutama terkait dengan aktivitas galian jalan yang sering menjadi penyebab gangguan tersebut, bahkan hingga menyebabkan matinya total jaringan.

"Seharusnya mereka tidak selalu memberikan alasan yang sama, ini bukan baru sekali terjadi, hampir setiap bulan ada saja gangguan internet dan alasan yang disampaikan selalu itu-itu saja," ungkap Ernawati.

Sumber: Antara/Teofilusianto Timotius
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar