Timnas Indonesia Raih Sejarah di Piala Asia, Erick Thohir Berharap Lebih Baik | Borneotribun.com -->

Senin, 29 Januari 2024

Timnas Indonesia Raih Sejarah di Piala Asia, Erick Thohir Berharap Lebih Baik

Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara optimis mengomentari pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023. 

Dalam pernyataannya, Erick menyatakan keyakinannya bahwa prestasi yang lebih tinggi dapat diraih oleh timnas Indonesia di masa mendatang.

"Ibaratnya, jika kali ini 16 besar, dan itu sudah sejarah, maka berikutnya harus lebih tinggi," ujar Erick Thohir yang turut menyaksikan pertandingan timnas di Qatar pada Minggu malam.

Meskipun Timnas Merah Putih harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 0-4 di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, Minggu, Erick melihat banyak pelajaran yang bisa diambil untuk meningkatkan kualitas timnas senior ke depan.

"Artinya, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni empat laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas. Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia. Ini modal yang baik," kata Erick.

Erick juga menyoroti fakta bahwa Timnas Indonesia adalah tim termuda yang berpartisipasi dalam Piala Asia 2023, dengan pemain termuda, Marselino Ferdinan, berusia 19 tahun 2 bulan, dan pemain tertua, Jordi Amat, berusia 31 tahun. 

Data dari Transfermarkt menunjukkan rata-rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 22,5 tahun per 9 Januari 2024, menempatkannya sebagai salah satu tim dengan usia rata-rata termuda dalam turnamen tersebut.

"Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang. Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih," ujar Erick dengan penuh harap.

Sumber: Antara/Dadan Ramdani
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar