[Cek Fakta] Anies Sebut 1,6 Juta Guru Belum Tersertifikasi, Benarkah? | Borneotribun.com -->

Senin, 05 Februari 2024

[Cek Fakta] Anies Sebut 1,6 Juta Guru Belum Tersertifikasi, Benarkah?

Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan. (Gambar Screenshot Youtube KompasTV)
Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan. (Gambar Screenshot Youtube KompasTV)
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan menyebut 1,6 juta guru belum tersertifikasi. Hal ini disampaikannya debat debat terakhir Calon Presiden (Capres) digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Minggu malam, 4 Februari 2024.

Awalnya Anies menyinggung soal tenaga pendidik belum mendapatkan penghasilan yang adil dan penghasilan yang setara.

“Ada puluhan ribu guru honorer belum diangkat guru PPPK, ada 1,6 juta guru belum tersertifikasi,” ujar Anies.

HASIL CEK FAKTA
Dilansir dari CNN Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengakui sebanyak 1,6 juta guru belum menerima penghasilan yang layak.

Kepala Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan hal itu terjadi lantaran mereka masih menunggu sertifikasi program pendidikan profesi guru (PPG) sebagai syarat memperoleh tunjangan profesi guru (TPG).

"Masih ada sekitar 1,6 juta guru yang belum menerima penghasilan yang layak karena mereka masih antre untuk mendapatkan sertifikasi," kata Anindito dalam seminar nasional pendidikan, Kamis, 22 September 2022.

KESIMPULAN
Apa yang disampaikan Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Anies Baswedan adalah benar, 1,6 juta guru belum tersertifikasi. Kemendikbudristek mengakui sebanyak 1,6 juta guru belum menerima penghasilan yang layak lantaran mereka masih mengantre untuk mendapatkan sertifikasi program pendidikan profesi guru (PPG).

RUJUKAN

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar