Ganjar Minta Pemerintah Beri Ruang bagi Kebebasan Berekspresi | Borneotribun.com -->

Selasa, 06 Februari 2024

Ganjar Minta Pemerintah Beri Ruang bagi Kebebasan Berekspresi

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww
JAKARTA - Panelis debat kelima Pilpres 2024 Paschalis Maria Laksono menegaskan bahwa hanya Ganjar Pranowo yang memiliki pemahaman mendalam terhadap kehidupan bersama, terutama dalam konteks kasus seniman Butet Kartaredjasa.

Menurut Laksono, "Hanya paslon 3 (Ganjar) mampu menyelami ranah gagasan atau ranah inspirasi untuk kehidupan bersama meski dengan kasus proses kreasi seni (Butet) yang terbelenggu."

Guru Besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada menilai bahwa pemahaman tentang kebudayaan masih terlalu dangkal dan terbatas pada hal-hal material. 

Laksono menambahkan bahwa jawaban Ganjar saat merespons tema kebudayaan hampir sempurna, sehingga dia menyimpulkan, "Kalau yang jawabannya nyaris sempurna atas pertanyaan saya hanya nomor tiga (Ganjar)."

Dalam debat terakhir Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta pada malam Minggu (4/2), Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pemerintah dalam memfasilitasi kebutuhan pelaku seni tanpa harus terlalu campur tangan dalam proses kreatif mereka. 

Dia menyatakan, "Birokrat itu cukup fasilitasi saja. Para pelaku seni, budayawan, dialah yang mengerjakan."

Selain itu, Ganjar menekankan perlunya perlindungan terhadap pelaku seni oleh pemerintah, dan mengajak pemerintah untuk tidak takut akan mereka. 

Dia juga menyoroti bahwa kritik dari pelaku seni perlu didengar oleh pemerintah, karena kebebasan berekspresi tetap diperlukan dalam masyarakat.

Debat kelima ini menjadi momen penting dalam rangkaian debat Pilpres 2024 yang telah dimulai sejak Desember 2023. 

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dalam debat kelima yang diselenggarakan KPU di Balai Sidang Jakarta pada 4 Februari 2024, tema yang diangkat meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Wartawan: Antara/Narda Margaretha S.
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar