Keunikan Ayam "Kaki Naga" Dong Tao Vietnam yang Dihargai Tinggi | Borneotribun.com -->

Jumat, 09 Februari 2024

Keunikan Ayam "Kaki Naga" Dong Tao Vietnam yang Dihargai Tinggi

Keunikan Ayam "Kaki Naga" Dong Tao Vietnam yang Dihargai Tinggi
Seorang koki membawa hidangan kaki ayam Dong Tao di sebuah restoran di Hanoi, Vietnam, 15 Januari 2023. (Nhac NGUYEN / AFP)
VIETNAM -Selama perayaan Tahun Baru Imlek, popularitas ayam Dong Tao di Vietnam mengalami lonjakan signifikan. Ayam ini telah menjadi hadiah yang sangat dihargai untuk menyambut pergantian tahun, serta menjadi hidangan istimewa yang dinantikan oleh banyak orang.

Ayam Dong Tao Vietnam tidak seperti ayam broiler biasa. Dikenal dengan ciri khas kaki yang besar, gemuk, dan bersisik, unggas ini sering disebut sebagai ayam "kaki naga" dan telah menjadi salah satu favorit dalam kuliner Vietnam selama berabad-abad, terutama saat musim liburan Tahun Baru yang disebut Tet.

Dengan bobot mencapai enam kilogram saat dewasa, ayam ini diyakini membawa keberuntungan dan kekayaan bagi pemiliknya.

Di desa Dong Tao, terletak sekitar 30 kilometer di sebelah tenggara Hanoi, ayam ini dibudidayakan secara eksklusif. Salah satu peternak terkemuka, Nguyen Thi Hong Nhung, merupakan generasi ketiga dalam keluarganya yang menghasilkan jenis ayam spesial ini.

Nhung menjelaskan bahwa meskipun ayam Dong Tao dapat dipelihara dengan makanan yang sama seperti ayam biasa, harganya jauh lebih mahal karena keunikan kakinya. 

"Bagian yang paling berharga dari ayam ini adalah kakinya yang besar. Sementara ayam lain hanya membutuhkan beberapa bulan untuk dipelihara, ayam Dong Tao membutuhkan setidaknya setahun. Semakin tua, semakin besar kakinya. Itu sebabnya harganya sangat tinggi," kata Nhung.

Ayam Dong Tao biasanya menghasilkan sekitar 100 telur per tahun, namun telur-telur ini harus dipisahkan dari induknya oleh peternak untuk mencegah kerusakan karena berat badannya yang besar. 

Ayam jantan bahkan dipisahkan dalam kandang-kandang tersendiri untuk menghindari pertarungan dan cedera.

Permintaan akan ayam ini telah melonjak tajam di kalangan masyarakat kaya di Vietnam, sebuah negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat di Asia.

Beberapa tahun lalu, harga ayam jantan Dong Tao dewasa mencapai $2.000 per ekor. Namun, dengan peningkatan pasokan dan perlambatan ekonomi, harga saat ini mencapai sekitar $450 per ekor, yang setara dengan pendapatan bulanan rata-rata seseorang di Vietnam menurut laporan pemerintah pada tahun 2023.

Nguyen Nhu Ngoc, ayah dari Nhung, mengatakan bahwa harga tersebut sebanding dengan kualitasnya. 

"Ayam Dong Tao sangat berharga. Setiap bagian dari ayam ini memiliki rasa yang lezat dan memuaskan. Dagingnya juicy dan manis dengan aroma khas. Untuk mendapatkan rasa dan aroma yang istimewa, ayam ini harus dipelihara selama 10 bulan hingga setahun," jelasnya.

Saat ini, sekitar 800.000 ekor ayam Dong Tao dipelihara di Dong Tao dan desa-desa sekitarnya di distrik Khoai Chau, Provinsi Hung Yen bagian utara, meningkat dari sekitar 500.000 ekor pada tahun 2016, menurut para pejabat.

Diperkirakan bahwa penjualan akan mencapai puncaknya selama perayaan Tet, Nhung, yang sebagian besar menjual ayamnya secara online dan mempromosikannya melalui video di platform TikTok, optimis akan meningkatkan penjualan ayam Dong Tao kali ini.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar