Pengusaha Kubu Raya Sibuk Memenuhi Pesanan Paket Hadiah | Borneotribun.com -->

Sabtu, 10 Februari 2024

Pengusaha Kubu Raya Sibuk Memenuhi Pesanan Paket Hadiah

Pengusaha Kubu Raya Sibuk Memenuhi Pesanan Paket Hadiah
Konsumen Parsel Bulb, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Rizki Fadriani
KUBU RAYA - Pengusaha pengemasan paket hadiah di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, sedang menghadapi lonjakan pesanan yang signifikan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru Cina 2575 Kongzili. "Imlek tahun ini banyak sekali yang pesan, bahkan sampai kami tolak karena tidak mampu mengerjakannya," ujar Cantika, pemilik usaha Parsel Bulb, dalam sebuah wawancara di Kubu Raya, Jumat lalu.

Dikatakannya, pesanan untuk paket hadiah meningkat tajam sekitar dua minggu sebelum Imlek, dengan lebih dari 30 paket terjual dalam waktu dua minggu terakhir. Paket hadiah yang ditawarkan tidak sembarangan, terutama karena tahun ini merupakan Tahun Naga Kayu, sehingga hiasan dan ornamen harus disesuaikan.

"Paket kami biasanya berisi barang-barang pecah belah seperti mangkok, piring, dan gelas. Tentu saja, motif dan corak mengikuti tema perayaan tersebut, misalnya piring dengan gambar naga," jelas Cantika.

Harga paket hadiah bervariasi, mulai dari Rp109 ribu hingga Rp500 ribu, sehingga konsumen dapat menyesuaikan anggaran mereka. Dalam dua minggu terakhir, omzet yang berhasil dikantongi mencapai Rp8 juta hingga Rp10 juta.

"Dalam dua minggu ini, omzet yang kami dapatkan mencapai Rp8 juta-Rp10 juta. Kami banyak menolak konsumen karena tidak mampu memenuhi pesanan yang datang dengan waktu yang singkat," tambahnya.

Karena proses merangkai paket hadiah memerlukan keahlian khusus, termasuk merangkai kue, barang pecah belah, dan bunga agar terlihat menarik, serta membuat wadah paket hadiah sendiri, Cantika harus menambah karyawan untuk memenuhi pesanan tersebut.

Menurutnya, memberikan paket hadiah sudah menjadi tradisi bagi masyarakat saat perayaan hari besar. Saat ini, paket hadiah tidak hanya diberikan kepada orang tua atau mereka yang dihormati, melainkan juga kepada kerabat dan kolega, sehingga peluang bisnisnya sangat menguntungkan.

Salah satu pelanggan setia, Nazilajan, mengakui bahwa ini sudah kali ketiga ia memesan paket hadiah dari Bulb. "Saya sudah pernah memesan sebelumnya, dari Hari Raya Idul Fitri, Natal kemarin, dan sekarang untuk Imlek. Bahkan saya sudah memesan lagi untuk Idul Fitri tahun ini," ungkapnya.

Nazilajan memesan 10 paket hadiah untuk Tahun Baru Imlek dan akan memberikannya kepada koleganya yang merayakan. Baginya, persaingan dalam bisnis paket hadiah sangatlah ketat, dan pemilihan paket yang tepat tergantung pada selera dan pelayanan dari pemilik usaha.

Oleh: Antara/Rizki Fadriani
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar