Pesantren Ploso Nyatakan Dukungan untuk Prabowo-Gibran | Borneotribun.com -->

Rabu, 07 Februari 2024

Pesantren Ploso Nyatakan Dukungan untuk Prabowo-Gibran

Ketua Lakpesdam NU Nonaktif Erick Thohir saat silaturahmi di pesantren Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024). ANTARA/ HO-tim
Ketua Lakpesdam NU Nonaktif Erick Thohir saat silaturahmi di pesantren Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024). ANTARA/ HO-tim
JAKARTA - Pondok Pesantren Ploso, yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah secara resmi menyatakan dukungan mereka kepada pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dalam upaya mereka untuk memenangkan putaran pertama Pemilu Presiden 2024.

Dukungan ini disampaikan secara langsung oleh sesepuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran (PPTQ) Al Falah, K.H. Umar Faruq, kepada Ketua Lakpesdam NU Nonaktif Erick Thohir di pesantren tersebut pada hari Selasa. 

Erick meminta doa serta dukungan dari para masyayikh dan santri agar pasangan calon nomor 02 itu dapat sukses dalam kontestasi pada tanggal 14 Februari 2024, permintaan ini kemudian disambut positif oleh K.H. Umar Faruq.

"Dukungan kami ada, semoga apa yang diinginkan Pak Erick bisa dikabulkan Allah SWT," kata K.H. Umar Faruq di Kediri.

Dukungan dari Pondok Pesantren Ploso juga diumumkan secara resmi dalam acara Maklumat Ploso yang diadakan di pesantren tersebut. 

Selain Pondok Pesantren Ploso, dukungan juga datang dari Pesantren Tebuireng Jombang dan Pesantren Lirboyo Kota Kediri, yang juga menyatakan doa dan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran dalam memenangkan Pemilu Presiden 2024.

Pondok Pesantren Tarbiyatul Quran (PPTQ) Al Falah di Desa Ploso, Kabupaten Kediri, dikenal sebagai salah satu pesantren yang memiliki alumni berpengaruh di seluruh Nusantara. 

Beberapa alumni mereka bahkan telah mendirikan pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dukungan dari pesantren ini dianggap sebagai penguatan posisi Prabowo-Gibran menjelang Pemilu Presiden 2024. 

Dengan memiliki basis massa yang besar, terutama di Jawa Timur, dukungan dari pesantren ini diyakini akan berdampak signifikan dalam mengumpulkan suara dari kalangan santri.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan bahwa ada 18 partai politik nasional yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024. 

Selain itu, ada juga enam partai politik lokal yang akan mengikuti pemilu anggota legislatif (pileg).

Pemungutan suara pileg, bersamaan dengan Pemilu Anggota DPD RI, akan dilaksanakan secara serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Warta: Antara/Asmaul Chusna
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar