Serunya Tur Susur Sungai di Sungai Klias, Sabah | Borneotribun.com -->

Senin, 12 Februari 2024

Serunya Tur Susur Sungai di Sungai Klias, Sabah

Serunya Tur Susur Sungai di Sungai Klias, Sabah
Seekor monyet bekantan berada di atas pohon di tepian Sungai Klias. ANTARA/Sinta Ambar
JAKARTA - Sebuah perjalanan wisata yang menarik terjadi di Sabah, Malaysia, saat sebuah bus bertuliskan "Bus Persiaran" menjemput sekelompok wisatawan dari Indonesia. 

Dipandu oleh Adrian, seorang pemandu wisata lokal, rombongan itu menuju Sungai Klias, sebuah destinasi wisata yang terletak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Kinabalu.

Dalam perjalanan mereka, wisatawan disuguhi pemandangan indah pinggiran kota dengan rumah panggung khas Melayu, serta suasana tenang yang menenangkan. 
Wisatawan menikmati pemandangan Sungai Klias, Sabah di perahu. ANTARA/Sinta Ambar
Wisatawan menikmati pemandangan Sungai Klias, Sabah di perahu. ANTARA/Sinta Ambar
Setibanya di Sungai Klias, mereka disambut oleh gapura bertuliskan "Klias River Cruise", menandakan awal petualangan mereka.

Sayangnya, perjalanan mereka tidak sepenuhnya terhindar dari jejak sampah manusia, yang masih terlihat di sepanjang parit sungai. 

Namun, ketika mereka tiba di pondok sederhana di ujung jalan setapak, mereka disambut hangat dengan camilan lokal seperti pisang goreng, ubi goreng, dan kue caca yang masih hangat.

Setelah menyantap camilan, pemandu wisata mempersiapkan rombongan untuk petualangan selanjutnya: tur susur sungai dengan menggunakan baju pelampung.

Petualangan mereka di sungai dimulai dengan naik kapal kayu tempel, di mana terdapat sedikit ketegangan ketika kapal sedikit oleng. 

Namun, suasana alam yang memukau segera mengalihkan perhatian mereka. 

Mereka disuguhi pemandangan bekantan, burung rangkong, dan berbagai satwa liar lainnya, yang menambah keajaiban petualangan mereka.

Di tengah perjalanan, mereka bahkan mendapat kesempatan langka untuk melihat beberapa bekantan yang bermain di pepohonan dekat sungai. 

Suasana semakin menarik dengan munculnya biawak dan monyet daun perak yang menghibur mereka dengan atraksi di alam.

Setelah perjalanan yang memikat, rombongan kembali ke pondok untuk menikmati makan malam. 

Dan saat malam mulai gelap, mereka bersiap untuk tur kedua: menyaksikan keindahan cahaya kunang-kunang.

Tur kedua ini membawa mereka kembali ke Sungai Klias, kali ini untuk menikmati cahaya kunang-kunang yang mempesona. 

Meskipun suasana gelap membuat beberapa dari mereka merasa sedikit cemas, kehadiran cahaya kunang-kunang dengan cepat menghilangkan ketakutan tersebut.

Meskipun sulit untuk mengabadikan keindahan tersebut dalam foto, pengunjung puas menikmati momen tersebut dan menyimpannya sebagai kenangan yang tak terlupakan. 

Dan setelah menyusuri sungai selama beberapa waktu, mereka dipercaya dengan beberapa kunang-kunang yang mendekati, seolah-olah memberikan selamat tinggal pada akhir petualangan mereka.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar