Sotong Pangkong Raih Pencapaian Gemilang di Kalimantan Barat | Borneotribun.com -->

Minggu, 25 Februari 2024

Sotong Pangkong Raih Pencapaian Gemilang di Kalimantan Barat

Sotong Pangkong Raih Pencapaian Gemilang di Kalimantan Barat
Kalbar berhasil memecahkan rekor MURI dengan menghadirkan 570 peserta Sotong Pangkong, sebuah sajian kuliner khas Pontianak, dalam Kalbar Food Festival 2024.
PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mencatat sejarah baru dengan prestasi luar biasa dalam dunia kuliner. 

Kalbar berhasil memecahkan rekor MURI dengan menghadirkan 570 peserta Sotong Pangkong, sebuah sajian kuliner khas Pontianak, dalam Kalbar Food Festival 2024.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispotrapar) Kalbar, Windy Prihastari, "Sotong Pangkong menjadi salah satu event kuliner pada Kalbar Food Festival 2024 yang digelar dan dipersiapkan untuk pemecahan rekor MURI."

Windy, yang juga Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, menjelaskan bahwa festival ini merupakan kali pertama diselenggarakan, sebelumnya dikenal sebagai Pontianak Food Festival. 

Acara ini menampilkan berbagai kegiatan seperti lomba memasak, festival kopi, pemilihan duta kuliner abang adek, stand up comedy, dan festival kuliner khas Kalimantan Barat.

"Kegiatan ini bertujuan mempromosikan kuliner ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Barat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kalimantan Barat kemarin mendapatkan urutan ke-6 pergerakan kunjungan wisata terbanyak se-Indonesia, maka harus terus bergerak," katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kalbar, Harisson, mengekspresikan harapannya terhadap perkembangan pariwisata di Kalimantan Barat. 

"Provinsi Kalimantan Barat ini sangat luas, perlu energi yang besar agar kita bisa tumbuh dan berkembang menjadi provinsi yang maju. Kalbar ini lebih luas dari pulau Jawa. Namun, kita bisa melakukan lompatan-lompatan dengan memajukan berbagai sektor, salah satunya sektor pariwisata," katanya.

Harisson juga mengakui bahwa salah satu tantangan yang dihadapi adalah infrastruktur. 

"Pariwisata di Kalbar sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, wisata, budaya, dan kulinernya memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Namun tak dipungkiri, kondisi infrastruktur untuk menempuh daerah atau destinasi wisata tersebut cukup sulit dan akses yang terbatas," katanya.

Terkait dengan pemecahan Rekor MURI Sotong Pangkong Kalbar, Harisson berharap hal tersebut bisa lebih memperkenalkan kuliner khas Kalbar di tingkat nasional dan internasional. 

"Jadi, bagi masyarakat luar, jangan ragu untuk berwisata di Kalbar, karena pariwisata kami sangat lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, religi sampai wisata kuliner dan sebagainya, dipastikan memiliki ciri khas tersendiri dan akan membuat kesan bagi setiap yang berkunjung," ujarnya.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar