Pontianak dan Kubu Raya Siaga, BMKG Proyeksikan Hujan Lebat | Borneotribun.com -->

Senin, 11 Maret 2024

Pontianak dan Kubu Raya Siaga, BMKG Proyeksikan Hujan Lebat

Pontianak dan Kubu Raya Siaga, BMKG Proyeksikan Hujan Lebat
Hujan lebat mengguyur Pontianak dan Kubu Raya. (ANTARA/Rizki Fadriani).
PONTIANAK - BMKG Pontianak, Kalimantan Barat, mengingatkan masyarakat bahwa cuaca ekstrem berupa hujan lebat masih berpotensi terjadi di wilayah Pontianak dan Kubu Raya pada 12 Maret mendatang.

"Hujan dengan intensitas lebat diprediksi akan terjadi pada 12 Maret mendatang," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio, Pontianak, Sutikno di Sungai Raya, Sabtu.

Diproyeksikan bahwa kelembapan udara pada hari pertama puasa tersebut akan mencapai 100 persen, sementara kecepatan angin dapat mencapai 10 km/jam.

Sutikno juga menambahkan bahwa cuaca untuk Sabtu (9/3) masih diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Berdasarkan pemantauan satelit cuaca, terlihat adanya awan penghujan di sebelah selatan Kalimantan Barat. Oleh karena itu, Pontianak dan Kubu Raya masih berpotensi mengalami hujan pada siang hingga sore hari, dengan kelembapan udara sekitar 60 persen.

"Kami memperkirakan Pontianak dan Kubu Raya akan mengalami hujan pada hari ini dengan intensitas sedang," ujarnya.

Sutikno juga menjelaskan bahwa cuaca hari ini diperkirakan aman karena tidak ada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

"Insyaallah cuaca akan aman untuk hari ini," katanya.

Hujan lebat yang terjadi di wilayah Pontianak dan Kubu Raya pada Jumat kemarin menyebabkan kemacetan akibat genangan air di beberapa jalan, bahkan penerbangan dari Jakarta-Pontianak pun terpaksa dialihkan ke Batam.

Berdasarkan informasi dari laman BMKG, pada Jumat 8 Maret 2024, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat, dilanda hujan lebat dengan kecepatan angin mencapai 10 km/jam dan kelembapan udara sekitar 60 persen. Pada pukul 14.50 WIB, terjadi hujan deras di wilayah Kota Pontianak, Kubu Raya, dan Kayong Utara.

Sumber: Antara/Rizki Fadriani
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar