Ketua Bawaslu Kota Pontianak Tekankan Pentingnya Integritas Panwascam di Pilkada 2024 | Borneotribun.com -->

Selasa, 28 Mei 2024

Ketua Bawaslu Kota Pontianak Tekankan Pentingnya Integritas Panwascam di Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kota Pontianak Tekankan Pentingnya Integritas Panwascam di Pilkada 2024
Anggota Panwascam di Kota Pontianak. ANTARA/Dedi.
PONTIANAK - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Ridwan, menegaskan pentingnya menjaga integritas bagi setiap anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan (panwascam) dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kami meminta 18 anggota panwascam untuk Pilkada 2024 agar menjaga integritas dalam penyelenggaraan Pilkada 2024," ujar Ridwan di Pontianak, Senin (27/05/2024).

Ridwan menyatakan bahwa panwascam harus bekerja sesuai aturan yang berlaku dan yang terpenting adalah menjaga integritas mereka. 

"Integritas adalah hal paling penting. Jika kita melakukan kesalahan, kita bisa memperbaikinya, tetapi jika kita tidak memiliki integritas, itu sudah tidak bisa diperbaiki lagi," tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa integritas adalah sikap yang sangat berharga dan sulit dibangun di tengah maraknya politik uang. 

Oleh karena itu, para pengawas diharapkan memiliki integritas tinggi dan benar-benar bersikap netral pada Pilkada 2024.

Selain itu, Ridwan menyebutkan bahwa pihaknya bersama panwascam akan terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti aparat dan masyarakat, agar pelaksanaan tugas pengawasan dapat maksimal. 

"Panwascam sudah mulai bekerja dan masa aktif mereka adalah sampai pelantikan kepala daerah. Jadi, perlu totalitas dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu," katanya.

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan bahwa Bawaslu Kota Pontianak saat ini sedang memasuki tahap pengawasan pendaftaran calon kepala daerah. 

"Awalnya terdapat calon perseorangan, namun calon tersebut telah menarik berkas sehingga tidak jadi mencalonkan diri," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa tahap berikutnya adalah pengawasan kampanye. "Kami ingin masa kampanye berjalan lancar, aman, dan damai, sehingga perlu kita kawal bersama-sama," tutup Ridwan.

Dengan penekanan ini, diharapkan para panwascam dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh integritas dan profesionalisme, demi terciptanya Pilkada 2024 yang adil dan berintegritas tinggi.

Oleh: Antara/Dedi
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Buka Komentar