Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua | Borneotribun.com -->

Rabu, 08 Mei 2024

Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua

Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua
Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua. (Adpim Pemprov Kalbar)
PONTIANAK - Usai menjadi inovator dalam Webinar Thalasemia bersama Kementerian Kesehatan RI, Penjabat (Pj) Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat, Ny.Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., melanjutkan agendanya di Aula Kantor BKKBN untuk membuka secara resmi Launching Serentak Sekolah Lansia (SL) Provinsi Kalbar, Rabu (8/5/2024).

Mengawali sambutannya, Pj. Ketua TP-PKK mengatakan bahwa perlu kesadaran bersama yang mana pada saat ini proyeksi penduduk Indonesia mendekati angka yang menuju pada era pendudukan menua atau aging population.

"Karena jumlah penduduk lansia sudah menembus angka lebih dari 10 persen populasi. Penduduk usia produktif yang semula mendominasi akan bergeser menjadi penduduk usia tua," kata Windy.

Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua. (Adpim Pemprov Kalbar)
Windy Ajak Semua Untuk Tetap Energik Di Usia Tua. (Adpim Pemprov Kalbar)
Gencarnya pembangunan kesehatan dan sosial ekonomi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia membuat usia harapan hidup penduduk Indonesia mengalami peningkatan.

"IPM kita juga mengalami peningkatan di berbagai faktor, salah satunya adalah usia harapan hidup penduduk. Kita semua perlu memperhatikan kebutuhan lansia yang jumlahnya semakin meningkat," ujarnya.

Windy mengungkapkan bahwa sekolah lansia menekankan konsep pendidikan sepanjang hayat yakni pendidikan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh usia dan berlanjut sepanjang hidup.

"Pendidikan sepanjang hayat tidak menuntut adanya lembaga pendidikan resmi, namun bisa melalui pendidikan non-formal seperti keluarga, masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan untuk mengembangkan pribadi yang lebih baik," ungkapnya.

Dirinya berharap Mahasiswa Sekolah Lansia dapat menjadi individu lansia yang smart dan berguna bagi kepentingan diri sendiri maupun orang banyak.

"Kami berharap, Mahasiswa Sekolah Lansia menjadi lansia yang smart yakni lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan bermartabat dan menjadi lansia yang tangguh secara utuh yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara,"harap Windy menutup sambutannya.

Usai memberikan sambutan, Pj. Ketua TP-PKK dengan didampingi Kepala BKKBN Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar, menyematkan selempang kepada Mahasiswa Sekolah Lansia secara simbolis, sebagai tanda dimulainya Sekolah Lansia.(wnd)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar