Iklan

Iklan

Bupati Kayong Utara Buka Sosialisasi FKUB

Redaksi
03/09/20, 16:26 WIB Last Updated 2020-09-03T09:26:23Z
Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kabupaten Kayong Utara. (Foto: HMS/JHD)


BORNEOTRIBUN | KAYONG UTARA -- Bupati Kayong Utara (KKU), Citra Duani membuka kegiatan Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se-Kabupaten Kayong Utara, di Istana Rakyat Tanah Merah, Sukadana, Rabu (2/9/2020) pagi.

Kepala daerah berharap agar FKUB ini sebagai wadah silaturahmi guna membangun hubungan toleransi antar umat beragama. 

“Perbedaan itu perlu, sebagai Bupati saya mengharapkan adanya perbedaan, tetapi perbedaan ini tidak membuat kita terpecah" Kata Citra Duani.

Dikatakan di juga, FKUB merupakan forum yang mandiri dan mengemban tugas pokok sebagai forum dialog dan komunikasi antar umat beragama dan juga merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban Kepala Daerah, khususnya dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Bupati berharap, dalam pengelolaannya, FKUB dilakukan secara terbuka, dialogis dan bersahabat dengan memberi peluang pengkaderan seluas-luasnya kepada setiap anggotanya. 

Kemudian katanya juga, FKUB agar melakukan kerjasama dengan Majelis Agama, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kerukunan dan Pemerintah untuk bersatu hati dan netral dalam penanganan persoalan masyarakat, serta menjadi mediator dalam perselisihan.

“Peran FKUB harus ditingkatkan bersama-sama dengan ormas keagamaan, terus menjalin komunikasi bersama Pemerintah Daerah dan para pihak lain, gunakan pendekatan sosiologis dan kearifan lokal untuk menyelesaikan konflik sosial bernuansa agama, disamping penegakan hukum secara tegas.” Kata dia.

Mencermati kondisi kehidupan beragama saat ini, Citra berpesan baik kepada FKUB dan seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan, persatuan, kesatuan, dan saling toleransi antar umat beragama. (Yk/Jahidin)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Kayong Utara Buka Sosialisasi FKUB

Terkini

Iklan