Iklan

Iklan

Anggota DPR RI Bang Kris Laksanakan Reses di Sanggau

Redaksi
18/10/20, 22:12 WIB Last Updated 2020-10-18T15:12:28Z
DPR RI Bang Kris Laksanakan Reses di Sanggau
Anggota DPR RI, Krisantus Kurniawan reses di Kalbar. (Foto: Tim/Lb)


BorneoTribun | Sanggau, Kalbar - Rangkaian reses Anggota DPR RI, Krisantus Kurniawan S.Ip.,M.Si., hampir tuntas. Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini masih melaksanakan reses di Kabupaten Sanggau. Setelah sebelumnya secara marathon mengunjungi beberapa kabupaten lainnya, yang berada di daerah pemilihan (Dapil) Kalbar Dua. Demi tugasnya, diakhir pekan pun pada Sabtu (17/10/2020).

 

Salah satunya di Kabupaten Sanggau, yang merupakan wilayah politisi ini memulai karier politiknya. Pria yang akrab disapa Bang Kris ini disambut Pelaksana tugas (Plt) Kadis Hangpang Hortikan Sanggau, Kubin didampingi kepala bidang, Pj Kades Mengkiang, Tekam Sunarya serta para kelompok tani. Dan terlihat juga kader PDI Perjuangan Kecamatan Kapuas, Ahmad Syarbani, yang akrab disapa Bang Kucang.


Sebelum pertemuan, terlebih dahulu dilaksanakan seremoni singkat penyerahan secara simbolis bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk para kelompok tani, berlangsung di halaman samping Kantor Dishangpang Hortikan Sanggau tersebut.


Bang Kris mengatakan, bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian ini bertujuan meningkatkan pertanian di Kabupaten Sanggau.


“Saat ini pertanian di Kabupaten Sanggau berkembang cukup baik. Petani juga membutuhkan proses tanam yang cepat. Nah, dengan adanya bantuan alsintan pertanian semakin maju,”ungkap pria yang terbilang cukup vocal ini.


Bantuan alsintan yang diserahkan kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Sanggau berjumlah 57 unit hand traktor serta mesin perontok padi.


” Masa reses ini, saya terus menyerap aspirasi petani. Dan kedepannya bantuan ini akan terus digulirkan untuk menunjang kesejahteraan petani di Kabupaten Sanggau,”tegas Bang Kris.

DPR RI Bang Kris Laksanakan Reses di Sanggau
Anggota DPR RI, Krisantus Kurniawan reses di Kalbar. (Foto: Tim/Lb)


Dijelaskan, bantuan alsintan ini merupakan program dari pemerintah Pusat untuk meningkatkan produksi pertanian.


Bang Kris juga mengajak para petani dan masyarakat agar menggunakan alsintan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pertanian.


“Harapan kami dapat terwujud sinergi antara pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga produktivitas pertanian meningkat dan ketahanan pangan nasional tercapai. Masyarakat juga boleh menggunakan alsintan tersebut. Jadi jangan digunakan untuk perorangan saja,” tuturnya.


Tak hanya itu, Bang Kris yang juga wakil rakyat dapil Kalbar Dua meliputi Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau dan Sanggau itu mengingatkan agar masyarakat tidak mudah menjual tanah atau mengalihfungsikannya untuk kebutuhan lain. Sebab, lahan untuk pertanian semakin berkurang, sehingga masyarakat mampu memanfaatkan lahan untuk pertanian.


“Karena pemerintah mulai kesulitan mencari lahan untuk cetak sawah baru. Makanya lahan yang masih ada ditangan para petani sekarang ini sangatlah berarti,” ucapnya.


Menurut Bang Kris, ketahanan pangan bisa terwujud dengan sinergi antar stakeholder. Sehingga, tak hanya dari Kementerian Pertanian saja, tapi juga pihak lain yang mendukung peningkatan hasil pertanian.


“Pentingnya sinergi antara stakeholder dalam mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan tidak hanya ditentukan dari Kementerian Pertanian saja,” tukasnya.


Sementara Plt Kadis Hangpang Hortikan Sanggau, Kubin memberikan apresiasi dengan terealisanya bantuan alsintan kepada petani.


“Sebagai perwakilan pemerintah Kabupaten Sanggau, saya memberikan apresiasi dengan terealisanya bantuan alsintan ini. Harapannya saya dengan peralatan yang lebih modern pertanian di Sanggau semakin maju dan sejahtera,” harapnya.


Usai seremoni penyerahan alsintan ini, legislator PDI Perjuangan Krisantus Kurniawan S Ip, M Si melaksanakan pertemuan dengan para kelompok tani tersebut.


Selama pertemuan berlangsung, masing-masing pihak menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (YK/LB)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota DPR RI Bang Kris Laksanakan Reses di Sanggau

Terkini

Iklan