Meskipun tengah Berpuasa, Wali Kota Pontianak tetap olahraga bersepeda | Borneotribun.com -->

Minggu, 18 April 2021

Meskipun tengah Berpuasa, Wali Kota Pontianak tetap olahraga bersepeda

Meskipun tengah Berpuasa, Wali Kota Pontianak tetap olahraga bersepeda
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

BorneoTribun Pontianak -- Meskipun tengah berpuasa, olahraga bersepeda di pagi hari masih tetap dilakukan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. 

Hobi bersepeda yang digelutinya setiap pagi di akhir pekan, diselingi dengan menanam pohon di pinggir jalan.

Usai Salat Subuh berjamaah dan memberikan kuliah subuh di Masjid Al Asyraf Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota, Sabtu (17/4/2021), Edi melanjutkan bersepeda menyusuri sudut kota untuk melihat apa saja yang harus dibenahi.

“Tadi pagi saya sepedaan sambil menanam pohon, ada 50 pohon yang ditanam di pinggir jalan,” ujarnya.

Menurutnya olahraga bersepeda kala menjalankan ibadah puasa tidak menjadi halangan. Sebab meskipun berpuasa, bukan berarti aktivitas olahraga seperti bersepeda tidak bisa dilakukan. 

Edi bilang, yang perlu dilakukan bersepeda saat berpuasa adalah mengubah gaya atau kebiasaan bersepeda. Kalau di hari-hari biasa rute yang ditempuh panjang, saat berpuasa mungkin jaraknya dipersingkat agar tidak kelelahan.

Kemudian, gaya mengayuh yang biasanya cepat, diubah menjadi lebih pelan dan santai.

“Insha Allah kalau kita sehat dan tenaganya tidak diforsir, aktivitas olahraga seperti bersepeda selama berpuasa tidak menjadi masalah,” ungkapnya.

Banyak manfaat yang didapat dari bersepeda. Selain manfaat kesehatan, bersepeda juga bagian dari upaya menjaga udara tetap bersih. 

Ia mengajak masyarakat untuk tetap bersepeda meskipun tengah menjalankan puasa dengan menyesuaikan kondisi fisik masing-masing. 

Terpenting, pesan dia, saat mengayuh sepeda lakukan dengan santai dan tidak perlu menempuh jarak yang jauh.

“Tentunya dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatakan, juga untuk meningkatkan kualitas lingkungan karena mengurangi polusi udara,” kata Edi. (KO/J)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar