Ziarah ke Makam Pangsuma di Meliau, Wabup Ontot: Bentuk Penghargaan dan Penghormatan | Borneotribun.com -->

Jumat, 02 April 2021

Ziarah ke Makam Pangsuma di Meliau, Wabup Ontot: Bentuk Penghargaan dan Penghormatan

Wabup Sanggau Yohanes Ontot (tengah) saat melakukan tabur bunga di Makam Pangsuma di Jalan Djoko Soedarmo, Desa Meliau Hilir, Kecamatan Meliau, Kamis (1/4/2021).

BorneoTribun Sanggau, Kalbar -- Wakil Bupati (Wabup) Sanggau Yohanes Ontot melakukan ziarah dan tabur bunga ke Makam Pangsuma di Jalan Djoko Soedarmo, Desa Meliau Hilir, Kecamatan Meliau, Kamis (1/4/2021). 

Ziarah ini merupakan lanjutan rangkaian kegiatan Ontot pada peringatan Hari Jadi ke-405 Kota Sanggau.

Ontot tampak didampingi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarsono, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron dan Direktur PSDKU Polnep di Sanggau Sumadi Haryoko.

Tiba di Meliau, rombongan orang nomor dua di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau ini disambut Camat Meliau Tang di kediaman dinasnya. 

Di sana, rombongan Ontot disuguhi kopi, teh dan makanan ringan tradisional. 

Sambil menikmati menu yang tersedia, Ontot terlihat asyik mengobrol ringan bersama Tang dan kepala OPD yang semeja dengannya. 

Setelah itu, Ontot bersama rombongan pun langsung bertolak ke Makam Pangsuma yang berada di tengah ibu kota kecamatan, tak jauh dari kediaman dinas Camat Meliau. 

Di sana tampak hadir perwakilan keluarga Pangsuma M Jolang, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Sanggau, perwakilan forkopimcam, sejumlah kepala desa, pengurus PDKS Meliau serta tamu undangan lainnya. Ziarah berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. 

M Jolang yang diberi kesempatan untuk memberikan sambutan menyampaikan apresiasi atas ziarah yang dilakukan Wabup Ontot. 

"Keluarga besar Pangsuma mengucap syukur kepada pemerintah Indonesia, masing mengenang, masih mengingat sehingga datang untuk berziarah ke makam Pangsuma. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa melihat Meliau supaya apa yang diperjuangkan, apa yang diminta, bisa tercapai," ucapnya. 

Begitu juga dengan Camat Meliau Tang. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Ontot yang sudah bersedia mengunjungi Makam Pangsuma pada kesempatan Hari Jadi ke-405 Kota Sanggau.

"Inilah keadaan Makam Pangsuma yang kita lihat sekarang ini. Dan saya berharap, mudah-mudahan dengan adanya kunjungan pak Wakil Bupati ini, komplek Makam Pangsuma ini nanti bisa lebih baik ke depan. 

Dan selaku camat saya juga berharap Makam Pangsuma ini bisa dikunjungi setiap tahun pada peringatan Hari Jadi Kota Sanggau," ujarnya. 

Sementara itu, Wabup Ontot mengatakan, ziarah ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia yang bergerilya melawan penjajah Jepang di Meliau. 

"Mengapa kita datang pada peringatan Hari Jadi Kota Sanggau, karena kita mengingat pesan Bung Karno, jangan pernah lupakan sejarah. 

Sanggau ini ada, pasti ada orang sebelumnya yang merintis dengan cara, dengan pikiran mereka pada kondisi waktu itu. 

Sejarah Sanggau ini cukup panjang, yang harus kita refleksi ulang agar para generasi kita tidak lupa," ucap Ontot.

Pangsuma, disebut Ketua DAD Kabupaten Sanggau ini, telah berjuang membebaskan Meliau dari penjajah Jepang. 

"Untuk Pangsuma ini, sejarah yang mungkin kita sudah tahu persis sepak terjangnya pada waktu itu, pada zaman penjajahan Jepang. 

Bagaimana upaya-upaya dia mengusir Jepang di kawasan Meliau," ujar Ontot.

Wabup mengungkapkan, di komplek Makam Pangsuma ini, termasuk ada Pak Timbang, Nenek Timbang, Pak Burung. 

"Kemudian Pak Ajoen Langgan Jantan ini kebetulan om (paman), karena sepupu bapak saya. Ada lagi beberapa orang. 

Mereka ini adalah pejuang di masa penjajahan pada waktu itu," kata Ontot.

Ia menambahkan, ziarah ini untuk mengingat kembali sebagai tanda penghormatan. 

"Agar ada damai dalam hidup mereka di surga dan mereka kita berharap mendoakan kita. 

Agar Sanggau secara khusus dan Indonesia secara umum bisa nyaman, aman dan damai. NKRI harga mati," pungkas Ontot.

Oleh: Liber /Jul

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar