Iklan

logo

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Sintang Tanam Perdana di Lahan Demplot Eks Lapter Susilo

BorneoTribun
5/28/2021 02:28:00 PM Last Updated 2021-05-28T07:28:11Z
Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Sintang Tanam Perdana di Lahan Demplot Eks Lapter Susilo
Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Sintang Tanam Perdana di Lahan Demplot Eks Lapter Susilo.

BorneoTribun Sintang, Kalbar - Guna mewujudkan program Ketahanan Pangan Nasional, anggota Kodim 1205/Sintang bersama PPL Kabupaten Sintang tanam perdana padi di lahan Demplot Kodim 1205/Sintang, Eks Lapter Susilo Sintang, pada Jumat (28/05/2021).

Kegiatan tanam perdana tersebut merupakan program Kodim Sintang dalam rangka pembinaan ketahanan pangan di wilayah binaan, dengan mengusung tema "Mewujudkan Binter yang Adaptif melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah pada masa Pandemi Covid - 19".

Di lahan seluas 1 Ha tersebut ditanami jenis padi In Pari 32 dengan menggunakan 2 metode, yang pertama dengan Pindah padi melalui sistem Jajar Legowo dan yang kedua dengan cara TABELA (Tanam Benih Langsung).

Sri, S.P selaku PPL Kabupaten Sintang mengatakan, nantinya kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan menanam padi dengan kedua metode tersebut, Pindah padi dengan Jajar Legowo dan TABELA, harapannya adalah masyarakat dapat membuat perbandingan penanaman dengan kedua metode tersebut.

"Kelebihan Jajar legowo adalah rapi dan mudah dalam perawatan, sedangkan dengan TABELA dapat dikerjakan dengan sedikit tenaga dan waktu", Ujar Sri, S.P.

Rismanto, S.ST yang juga Penyuluh Kabupaten Sintang menjelaskan tujuan Demplot ini adalah memberikan contoh kepada masyarakat membuka lahan pertanian tanpa membakar, sehingga dapat mengurangi bahaya Karhutla dan Demplot ini juga untuk mendukung program Ketahanan Pangan Masional.

Sedangkan untuk waktu panen nantinya akan memerlukan waktu sekitar 3 bulan setelah penanaman, sekitar bulan Agustus, Ujar Rismanto.

Serka Adhitya, Bati Bintahwil Kodim Sintang berharap nantinya setelah penanaman ini dapat mendapatkan hasil panen yang optimal, sehingga dapat memberikan contoh kepada masyarakat dengan adanya Demplot Kodim Sintang ini.

Oleh: Pendim1205/Erik.P
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim Sintang Tanam Perdana di Lahan Demplot Eks Lapter Susilo

Terkini di BorneoTribun