Iklan

logo

Wujudkan Pendidikan Bereputasi Internasional, ITKK dan ISKA Gelar Webminar

Editor
6/03/2021 04:27:00 PM Last Updated 2021-06-03T09:32:27Z

Webminar ITKK dan ISKA

BorneoTribun Sekadau, Kalbar Wujudkan Pendidikan dikabupaten Sekadau yang bereputasi internasional, Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) bersama Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) melaksanakan Webminar, Kamis (3/6/21).

Ketua Yayasan Pendidikan Keling Kumang, Redemptus Musa menyampaikan Sektor Pendidikan menjadi ujung tombak memajukan bangsa, sekaligus mampu meningkatkan IPM suatu wilayah, dalam hal ini Kabupaten Sekadau. Oleh sebab itu memajukan bidang Pendidikan menjadi
tanggungjawab semua elemen bangsa, pemerintah dan masyarakat.

"Tahun ini ITKK menargetkan mahasiswa baru sebanyak 350 orang, dengan asumsi ada 2000 an tamatan SMA dan SMK sederajat di Kabupaten
Sekadau tiap-tiap tahunnya (15% nya) dan sisanya dari kabupaten-
kabupaten lain wilayah Kalbar dan dari wilayah lainnya," Ucapnya.

Oleh karena itu, sangat diperlukan dukungan dan perhatian dari semua
pihak pemerintah, khususnya Kabupaten Sekadau, kalangan wakil Rakyat (DPRD dan Pusat), serta Tokoh Masyarakat, Agama dan Adat.

Begitu juga yang diungkapkan Ketua Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno mengatakan Webminar tersebut dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Lahirnya Pancasila dan HUT ISKA Ke-63.

Subarno menyebutkan akibat dari perkembangan terknologi, bekerja tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Tidak menutup kemungkinan orang bekerja lebih dari satu mata pencarian, misalnya paginya kerja kantor, malam harinya bekerja melalui online.

"Perubahan Pola Hidup Masyarakat berimbas pada ketimpangan kompetensi dan pendapatan masyarakat akan terasa dalam perubahan hidup di masyarakat," Ujarnya.

Sementara Rektor Institut Teknologi Keling Kumang, Stefanus Masiun menyampaikan Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program Diploma, Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor, dan Program Profesi, serta Program Spesialis, yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Perguruan Tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu, mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma serta mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

Dengan berkembangnya potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.

Sehingga lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan 
dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional dan peningkatan daya saing bangsa dapat mengimplementasikan ketrampilan yang diperoleh untuk merubah taraf hidup yang lebih layak.

"Terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas  Pendidikan Kabupaten Sekadau, Losianus menyampaikan gambaran umum IPM kabupaten sekadau. 

"indek pembangunan manusia merupakan perbandingan dari harapan hidup. Saat ini, IPM Kabupaten Sekadau diangka 64,76% sementara ditingkat provinsi 67,66% naik 0,65% dengan menempati urutan 13 dari 14 kabupaten/kota," Bebernya.

Laporan : R. Hermanto



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wujudkan Pendidikan Bereputasi Internasional, ITKK dan ISKA Gelar Webminar

Terkini di BorneoTribun