Tanah Longsor di Karo: 5 Tewas, 4 Luka-Luka | Borneotribun.com -->

Sabtu, 04 September 2021

Tanah Longsor di Karo: 5 Tewas, 4 Luka-Luka

Tanah Longsor di Karo: 5 Tewas, 4 Luka-Luka
Tanah Longsor di Karo: 5 Tewas, 4 Luka-Luka. 

BorneoTribun Internasional - Tanah longsor di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyebabkan lima orang warga tewas dan empat lainnya luka-luka. 

Bencana yang terjadi pada Kamis (26/8) pukul 23.30 WIB tersebut juga mengakibatkan tujuh rumah rusak berat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam laman webnya, Sabtu (28/8), mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengatakan insiden tersebut dipicu oleh intensitas hujan tinggi selama beberapa hari. Dilaporkan pula, seluruh korban tewas dan luka-luka berhasil dievakuasi.

Sementara itu pada saat yang sama, bencana banjir lahan hujan juga menimpa Kecamatan Tiganderket yang berada di kabupaten yang sama. Banjir lahar hujan tersebut membawa material vulkanik Gunung Sinabung. Namun peristiwa nahas tersebut tidak menelan korban jiwa.

Pada akhir Juli 2021 Gubernur Sumatera Utara mengeluarkan surat edaran mengenai peringatan dini gerakan tanah dan banjir. Menurut analisa portal kajian bencana, inaRISK, Kabupaten Karo termasuk wilayah yang berpotensi menghadapi bahaya tanah longsor kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 17 kecamatan berada pada potensi bahaya tersebut, antara lain Kecamatan Kabanjahe dan Tiganderket. [ah]

VOA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar