Iklan

logo

Wagub Kalbar Hadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional

BorneoTribun
9/16/2021 03:38:00 PM Last Updated 2021-09-16T08:38:55Z
Wagub Kalbar Hadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional
Wagub Kalbar Hadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional. 

BORNEOTRIBUN PONTIANAK – Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., menghadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional secara daring di Ruang Graha Khatulistiwa Polda Kalbar, Rabu (15/9/2021). 

"ASAP Digital Nasional 2021 diawali dengan penandatanganan MoU antara Polri dan Kementerian terkait yang dilaksanakan secara sekuler oleh Kapolri, Panglima TNI, Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pertanian, Kepala BNPB, Direktur PT. Telkom Indonesia. Momentum transformasi dalam membangun kapasitas penanggulangan Karhutla diharapkan mendapat dukungan secara maksimal dari berbagai pihak, khususnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” jelas Asisten Kapolri Bidang Operasi, Irjen Pol Imam Sugianto dalam laporannya. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan aplikasi ini bisa melihat dan mengetahui secara real time, sehingga dapat langsung diteruskan kepada tim untuk datang cepat ke titik tersebut dan melakukan pengamanan. 

"Aplikasi ASAP Digital Nasional merupakan penggabungan dan penyempurnaan dari aplikasi-aplikasi serupa yang ada di Kementerian/Lembaga maupun BUMN. Disatukan menjadi satu sistem pengawasan dalam rangka pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan secara cepat. Dengan adanya Aplikasi ASAP Digital Nasional ini diharapkan upaya Polri untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bisa dilakukan lebih cepat,” jelas Kapolri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Kapolda Kalbar, Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjianto, S.H., M.Si., beserta jajaran, Kepala Kelompok Staf Ahli Pangdam XII/ Tanjungpura, Brigjen TNI Handoko Nurseta, S.H., M.Tr (Han)., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Barat (BPBD Prov Kalbar), Christianus Lumano, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kalbar, Florentinus Anum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov Kalbar, Ir. Adiyani, M.H.,  Mewakili Kadis Perkebunan dan Peternakan Prov Kalbar, serta General Manager PT. Telkomsel Kalbar. (*) 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wagub Kalbar Hadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional

Terkini di BorneoTribun