Iklan

logo

Dewan Pimpinan Cabang Bala Pangayo Bengkayang Resmi di Lantik

Tim Editor
10/25/2021 11:36:00 AM Last Updated 2021-10-25T04:37:59Z

Penyerahan Bendera Petaka Bala Pangayo

Borneotribun Bengkayang, Kalbar Ketua Umum Bala Pangayo Kabupaten Landak Fransiskus Joni mengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Bala Pangayo Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Desa Lembah Bawang, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang dengan masa bakti 2021-2023 bertempat di Riam Batu Bide, Minggu, (24/10/2021).

Hadir juga dalam pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang Bala Pangayo Bengkayang di Kecamatan Lembah Bawang di antaranya ;
1. Kepala Desa Lembah Bawang Sujan,
2. Ketua Umum Bala Pangayo Landak Fransiskus Joni,
3. Ketua Bala Pangayo DPC Bengkayang Roni Heng,
4. DAD Kecamatan Lembah Bawang Nikodemus Akiong,
5. Tokoh Agama Jae Hendra mewakili,
6. Tokoh Masyarakat Beni Yanto,
7. OKP-OKP yang hadir tidak bisa di sebutkan satu persatu, dan
8. Tamu undangan lainnya yang tidak bisa sebutkan satu persatu.

Ketua Umum DPD Bala Pangayo Landak Fransiskus Joni kepada awak media ini mengungkapkan bahwa dengan resminya dikukuhkan pengurus DPC Bala Pangayo Bengkayang di Kecamatan Lembah Bawang merupakan salah satu wujud program Bala Pangayo sehingga roda organisasi bisa berjalan dengan baik. 

"Setelah dikukuhkan ini tentunya resmi terbentuk pengurus DPC Bala Pangayo Bengkayang dan ini merupakan salah satu wujud nyata program kita," Tuturnya.

"Selanjutnya, Fransiskus Joni yang juga selaku ketua umum Bala Pangayo Landak Pusat berharap kepada seluruh pengurus DPC Bala Pangayo di Kabupaten Bengkayang yang baru saja dilantik kedepannya akan terus menjaga dan melestarikan adat budaya Dayak kita, patut bersyukur kepada Jubata  juga untuk acara hari berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun dan kita juga berharap untuk kedepannya tidak hanya terjadi di bengkayang saja tapi seluruh Kalimantan barat kita tetap membanggakan jati diri kita sebagai orang Dayak, pesan dan kesan saya setelah kegiatan ini tentunya yang pertama kali saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada bapak temunggung ini yang ada di kecamatan lembah bawang ini atas kerjasamanya sehingga acara pengukuhan ini bisa berjalan sukses," Ucap Fransiskus Joni Ketua Umum Bala Pangayo Landak.

Beni Yanto Tumenggung Kecamatan Lembah Bawang dalam kegiatan pengukuhan DPC Bala Pangayo Bengkayang mengatakan sangat mendukung baik secara pribadi,  Tumenggung DAD dan masyarakat Lembah Bawang mengharapkan sangat kepada OKP-OKP Dayak untuk harus menjaga, melestarikan adat dan budaya Dayak serta menggali potensi-potensi kondisi alam khususnya untuk Dayak karna kami melihat saat ini dengan kemajuan yang sangat majemuk tradisi dan budaya itu sudah hampir punah.

"Harapan kami kedepannya kepada pemirsa seluruh Dayak yang hari ini terjamah dan yang belum tersentuh dayak-dayak yang tertidur mari bangun dan mari kita ingat anak-anak generasi kedepan supaya kita orang dayak tidak ketinggalan dari generasi-generasi milenial, dunia boleh maju kita Dayak juga berkembang dan terdepan," Ucapnya.

Sekali lagi harapan kami untuk generasi-generasi muda gali adat istiadat dan gali budaya dan harapan kami juga kepada pemerintah baik pemerintah kabupaten maupun pemerintah daerah dan pusat untuk bagaimana membantu seluruh organisasi, pemerintah desa, DAD kecamatan maupun DAD kabupaten bengkayang mari bersinergi dengan dinas pariwisata khusus untuk lembah bawang yang hari perpusatan dari seluruh yang hadir dari 36 OKP.

"Harapan kami juga dari Presiden, Kementerian, Gubernur, Bupati pihak dari Kecamatan, Kepolisian, Polhut, Danramil, bekerjasama untuk melindungi hutan, melindungi adat demi menggali tradisi demi tradisi," Kata Beni Yanto Ketua Adat Kecamatan Lembah Bawang.

Ketua DPC Bala Pangayo Bengkayang Roni Heng ketika di wawancarai oleh awak media ini mengucap syukur atas dukungan dan kepercayaan kepadanya untuk menjadi Ketua DPC Bala Pangayo di Kabupaten Bengkayang.

Untuk program, Roni menyebutkan  kedepannya akan disesuaikan dengan visi dan misi yaitu melestarikan dan menjaga hutan budaya yang ada di lembah bawang dan membantu masyarakat adat, masyarakat umum yang merasa terintimidasi oleh oknum-oknum dan maupun perusahaan.

Mengenai kegiatan hari ini tentunya Prokes tetap kita prioritaskan untuk tamu undangan sendiri kita batasi, memakai masker dan untuk peserta kita juga menghimbau untuk tetap menerapkan Prokes tanpa terkecuali wajib.

Demikian juga dengan apa yang disampaikan oleh Penasihat Bala Pangayo Bengkayang Paulinus Heriyanto berharap setelah di kukuhkan DPC Bala Pangayo Bengkayang ini tentunya bisa menjadi panutan masyarakat khususnya untuk masyarakat kabupaten bengkayang dan sekitarnya. 

Reporter : Rinto Andreas
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dewan Pimpinan Cabang Bala Pangayo Bengkayang Resmi di Lantik

Terkini di BorneoTribun