Peserta Ba'ayun Maulud di Tapin Kalsel tembus 4.400 orang | Borneotribun.com -->

Jumat, 07 Oktober 2022

Peserta Ba'ayun Maulud di Tapin Kalsel tembus 4.400 orang

Peserta Ba'ayun Maulud di Tapin Kalsel tembus 4.400 orang
Potret suasana baayun maulid 2019 lalu di Masjid Al Mukaramah Desa Banua Halat Kiri, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (BorneoTribune/ANTARA / Muhammad Fauzi Fadilah)

Banjarmasin, Kalsel - Masyarakat Banua Halat di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan kembali menggelar tradisi Ba'ayun Maulud yang diagendakan, Sabtu, 8 Oktober 2022 di Masjid Keramat Al-Mukarramah, diikuti  ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia tercatat dalam peristiwa bersejarah itu.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai melakukan kunjungan ke Desa Banua Halat memastikan saat ini persiapan dari panitia sudah mantap.


"Saat ini tenda-tenda dan nomor peserta dan ayunan telah dipasang oleh pihak panitia," ujarnya di Tapin, Jum'at.


Baayun Mulud adalah kegiatan tradisi mengayun bayi atau anak sambil membaca syair maulid.


Catatan pihak panitia pelaksana, saat ini tidak kurang dari 4.400 orang telah terdaftar mengikuti tradisi bahari yang salah satunya memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam saat 12 Rabiul Awal.


"Peserta paling jauh ada rombongan yang dari Lombok, Semarang, Jakarta. Saat ini jumlah pendaftar ada 4.401 orang, malam ini terakhir pendaftaran," ujar Kepala Desa Banua Halat Kanan sekaligus panitia pelaksana Ahmad Suriansyah.


Peserta tertua dan termuda ada yang berumur 100 tahun lebih dan tujuh hari. Kegiatan tersebut, kata dia, sejak era 2000 ini tidak hanya diikuti oleh anak-anak, namun juga orang dewasa.


Peserta yang ikut dalam perayaan kegembiraan di momentum kelahiran Nabi Muhammad itu, kata dia, ada juga yang menunaikan hajat atau janji diri setelah tujuan hidup berhasil.


Besok, kata dia, pelaksanaan Ba'ayun Maulud dimulai setelah masyarakat di lima desa di wilayah itu selesai melaksanakan kegiatan maulid di rumah masing-masing.


Kegiatan ini terakhir dilaksanakan pada 2019 atau sebelum COVID-19 melanda, tahun itu tercatat menyerap 4.960 peserta dari berbagai daerah di Indonesia datang ke Tapin.


Sekilas tentang Ba'ayun Maulud ini, kata dia, pada 2008 tradisi itu tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan peserta terbanyak se-Indonesia pada kegiatan budaya yang pernah ada.


"Waktu itu ada sekitar 1.500 orang yang ikut Ba'ayun Maulud," ujarnya.


Menyusul itu, pada 2015 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menetapkan Ba'ayun Maulud mendapat penghargaan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia.


Oleh : Muhammad Fauzi Fadilah

Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar