Sekda Roy Rizali Anwar Akui sudah 80 persen Kesiapan MTQ Nasional di Kalsel | Borneotribun.com -->

Jumat, 07 Oktober 2022

Sekda Roy Rizali Anwar Akui sudah 80 persen Kesiapan MTQ Nasional di Kalsel

Sekda Roy Rizali Anwar Akui sudah 80 persen Kesiapan MTQ Nasional di Kalsel
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar ditemui di Kiram Park yang menjadi panggung utama MTQ Nasional, Jumat (7/10/2022). (BorneoTribune/ANTARA/Firman)

Banjarmasin, Kalsel - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar mengatakan, kesiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 sudah 80 persen menjelang dimulainya lomba pada 10 Oktober mendatang.


"Sekarang tinggal merampungkan panggung utama yang megah ditarget selesai tanggal 9 Oktober seiring para kafilah juga mulai berdatangan," kata dia di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Jumat.


Selaku Ketua Harian Panitia Pelaksana MTQ Nasional, Roy terus mengecek semua persiapan dari berbagai sektor dan bidang agar tidak ada yang terlewatkan.


Dia menyebut ada 3.042 tamu undangan dan peserta yang bakal hadir termasuk 200 tamu sangat penting atau very-very important person (VVIP).


Bahkan sejumlah delegasi asing dari negara-negara sahabat juga dikonfirmasi hadir menyaksikan agenda besar dua tahunan itu seperti Arab Saudi dan Mesir.


Sedangkan untuk kehadiran Presiden Joko Widodo saat pembukaan pada 12 Oktober 2022, Roy mengaku masih menunggu informasi dari sekretariat kepresidenan.


"Seperti biasa presiden kepastian kehadirannya antara tiga atau empat hari sebelum acara. Namun pada prinsipnya kita sudah siap dan pengalaman kedatangan beliau ke Kalsel selalu sukses dan lancar," ungkapnya.


Tak hanya sukses penyelenggaraan berkonsep digital, modern dan dinamis yang menimbulkan kesan bagi kafilah dan tamu undangan serta penonton seluruh tanah air yang menyaksikan lewat layar kaca, Roy berharap Kalsel yang menjadi tuan rumah bisa berhasil menyabet hasil terbaik syukur-syukur bisa menjadi juara umum.


"MTQ Nasional ke-28 di Sumatera Barat tahun 2020 Kalsel peringkat 24, tentunya kami ingin hasil terbaik tahun ini sejalan dengan semangat besar Gubernur Paman Birin menjadi tuan rumah sejak empat tahun yang lalu mengajukan diri," ucap dia.


Diketahui ada lima tempat penyelenggaraan MTQ di Kabupaten Banjar, yakni di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Institut Agama Islam Martapura dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura.


Kemudian untuk Banjarmasin lokasi acara di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin. Sedangkan Banjarbaru Masjid Nurul Iman, perkantoran Pemprov Kalsel, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dan auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM).


Oleh : Firman/Antara

Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar