Sosialisasi dan Pembentukan Koperasi Insan Muda Mandiri | Borneotribun.com -->

Jumat, 02 Desember 2022

Sosialisasi dan Pembentukan Koperasi Insan Muda Mandiri

Pembentukan Koperasi Insan Muda Mandiri (KAMI) di Kopita.id yang terletak di pantai Marina Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng.
Bantaeng, Sulsel - Bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kepala Bidang Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan  Kabupaten Bantaeng menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Koperasi Insan Muda Mandiri (KAMI) di Kopita.id yang terletak di pantai Marina Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Jumat sore (2/12/2022). 

Kepala Bidang Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan  Kabupaten Bantaeng, Junaedi yang bertindak sebagai pengarah mengatakan harapannya terhadap Koperasi Insan Muda Mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya mengharapkan dengan terbentuk Koperasi Insan Muda Mandiri bisa menjadi wadah bagi anggota dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Koperasi Insan Muda Mandiri bisa lebih berkembang dan maju bila anggota koperasi aktif dan berpartisipasi dalam pengembangan unit-unit usaha yang ada di koperasi tersebut," Ujarnya.

Junaedi juga menjabarkan fungsi dari anggota koperasi dalam membesarkan koperasi.

Menurutnya, ada tiga fungsi dari anggota  koperasi dalam membesarkan koperasi yaitu : 

1. Sebagai pemilik, karena anggota koperasi yang memiliki aset atau kekayaan di dalam koperasi berupa simpanan-simpanan dan aset lainnya, 

2. Sebagai konsumen, karena anggota koperasi secara nyata sebagai pangsa pasarnya koperasi yang diharapkan aktif berpartisipasi dalam semua unit usaha yg ada di koperasi, dan 

3. Anggota koperasi aktif dalam memberikan saran dan masukan yang positif demi kemajuan koperasi.

Dikesempatan yang sama Riswandi Haris selaku Ketua Koperasi Insan Muda Mandiri menyampaikan Koperasi Insan Muda Mandiri berdiri atas inisiatif dari para pemuda dan tokoh masyarakat Desa Papanloe.

"Koperasi Insan Muda Mandiri berdiri atas inisiatif para pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Papanloe. Koperasi ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan-pengembangan usaha, peningkatan UMKM dan lainnya," Ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Wawan ini juga menyampaikan harapannya supaya kehadiran Koperasi Insan Muda Mandiri ini mampu mendorong pelaku-pelaku usaha dan UMKM di Desa Papanloe untuk terus maju. 

"Dengan berdirinya Koperasi Insan Muda Mandiri, Kami berharap supaya kehadiran Koperasi ini mampu mendorong pelaku-pelaku usaha dan UMKM di Desa Papanloe untuk terus maju. Dan juga Kami berharap dapatnya dukungan baik dari instansi Pemerintah Kabupaten Bantaeng maupun instansi atau pihak-pihak Swasta yang ada di Kabupaten Bantaeng," Harap Wawan.

Sebelum acara kegiatan ditutup, Riswandi Haris mewakili Koperasi Insan Muda Mandiri menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan serta Yayasan Bantaeng Lestari Sejahtera selaku pembina dari koperasi tersebut.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Tokoh masyarakat Desa Papanloe mulai dari tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh-tokoh masyarakat yang berasal dari kalangan pedagang, UMKM dan lainnya. 

Oleh : Irwan
Editor : R. Hermanto 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar