Penuh Kesederhanaan, AWII Kalbar Rayakan Hari Jadi Ke 1 | Borneotribun.com -->

Selasa, 21 Maret 2023

Penuh Kesederhanaan, AWII Kalbar Rayakan Hari Jadi Ke 1

Pemotongan tumpeng oleh ketua DPD AWII Kalbar, Yuliana.
Pontianak, Kalbar - Organisasi Aliansi Wartawan Independen Indonesia (AWII) rayakan Hari Jadi  ke-1 dengan mengusung tema 'Jurnalis Berkualitas dan Profesional' AWII tetap berkomitmen untuk memperjuangkan kebebasan Pers di Indonesia. Kegiatan HUT AWII dilaksanakan di Gedung Pertemuan UN_MART  Jalan Adi Sucipto,  Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kuburaya, Senin (20/3/2023).

Ketua DPD AWII Kalbar, Yuliana mengatakan pada perayaan ulang tahun ke-1 ini, AWII  sangat berfungsi dan peran pers tidak hanya memberikan informasi, tetapi bagaimana mengedukasi berita yang dibuat. Bukan hanya persoalan tersampaikan kepada masyarakat, tetapi juga mempunyai nilai edukasi dan tentunya tidak kalah penting adalah dampak dari berita tersebut.

Yuliana juga mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir dan pihak yang sudah mendukung dalam perayaan HUT AWII Kalbar yang ke-1 ini, berkat kerjasamanya dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

''Saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada pemerintah daerah maupun provinsi dan juga rekan-rekan seprofesi yang sudah membantu dan mendukung terlaksananya HUT AWII Kalbar yang ke-1. Semoga Aliansi Wartawan Independen Indonesia dapat memberikan yang terbaik. Dengan adanya acara HUT AWII Kalbar ini diharapkan dapat menumbuhkan dan memotivasi  rekan-rekan media dan pers untuk terus bekerja sama agar bisa menghasilkan informasi yang aktual dan akurat sehingga informasi yang disajikan dapat tersampaikan kepada masyarakat,'' ucap Yuliana, Ketua DPD AWII Provinsi Kalbar saat diwawancarai awak media di acara HUT AWII Kalbar.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sekaligus penyerahan potongan tumpeng kepada instansi pemerintah sebagai mitra dan juga kepada rekan-rekan wartawan.


Menanggapi kegiatan tersebut, Diskominfo kubu raya Ardi mengatakan, semoga ini menjadi spirit supaya AWII bisa berkontribusi positif, bisa berbuat banyak untuk kalimantan barat, karena kalimantan barat begitu luasnya perlu perlu pembangunan yang amat besar tanpa dukungan dari komponen masyarakat melalui organisasi profesi AWII tidak akan sulit, untuk itu melalui AWII Kontribusinya melalui kewartawanan dibidang informasi komunikasi Insya Allah menjadikan Kalbar menjadikan wilayah kepulauan yang maju untuk kedepannya, dan juga kita bersama-sama menginformasikan kebaikan Kalimantan barat.

 ''Alhamdulillah walaupun sederhana tapi makna kemeriahannya dan juga ekspresi kebahagian itu jelas terlihat di wajah-wajah anggota AWII dan  saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Aliansi Wartawan Independen Indonesia AWII Kalbar semoga sukses selalu,'' ucapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Umum Legatisi, Akhyani, BA., mengucapkan Selamat ulang tahun AWII yang ke-1 semoga sukses selalu, dalam hal ini walau acara yang sederhana tapi tidak mengurangi semangat nasional rekan-rekan wartawan yang tergabung di AWII ini. 

''Saya berharap peran serta AWII ini sangat besar apalagi sebagai fungsi sosial control dan harus adanya kordinasi dari tingkat pemerintah daerah kepada media dan lembaga agar bisa semuanya secara transparansi publik. Ini yang harus kita utamakan kebersamaan sebagai mitra dari organisasi maupun asosiasi yang berperan sebagai control sosial mengenai tentang anggaran daerah,'' jelasnya.

Ia sangat berharap kepada media agar lebih profesional apalagi sekarang banyaknya tindak pindana korupsi dan banyaknya terjadi konspirasi korupsi, sesuai Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 yang harus kita kedepankan.

"Jangan sampai ada intervensi terkait sesuatu hal yang dilakukan disaat kita wartawan melakukan liputan, jadi kita kedepankan negara kesatuan kita tidak perlu takut walaupun adanya ancaman, kita harus bersikap bernegara, kita laksanakan jadi ini akan memacu semangat kita di oraganisasi AWII ini untuk kita lebih bagaimana penggunaan anggaran daerah terutama dan bagaimana pelaksanaan realitasi di lapangan, ini banyak juga yang kita temukan bermasalah di lapangan,''  harap ketua umum Legatisi Akhyani, BA.

Ditempat yang berbeda, R. Asep Supriatna, Kaperwil di salah satu media menyampaikan, AWII adalah organisasi profesi wartawan di Indonesia, organisasi ini menjadi wadah bagi para wartawan untuk berkumpul, berbagi informasi, dan selalu berkordinasi dalam menjalankan tugas-tugas. Disamping berperan dalam mengembangkan profesi wartawan, AWII juga mengemban tugas untuk meningkatkan kualitas jurnalistik Indonesia karena AWII membentuk aturan yang mengikat kalangan jurnalistik, yang di atur dengan kode etik jurnalistik guna melestarikan asas kemerdekaan Pers yang bertanggung jawab.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yakni; 
1.  Ketua DPD AWII Provinsi Kalbar, Yuliana,
2.  Ketua DPC Kota Pontianak, Sutiman,
3.  Ketua DPC Kubu raya, Nasrun, SE,
4.  Ketua DPC Bengkayang, Rinto Andreas,
5.  Diskominfo Kubu raya, Ardi,
6.  Perwakilan Kesbangpol Kubu raya,
7.  Perwakilan dari Kades Teluk Kapuas, 
8.  Perwakilan dari kecamatan sungai raya,
9.  Ketua umum LEGATISI, Akhyani, BA,
10. LPM Kubu raya, dan
11. Rekan-rekan dari berbagai Media dan para pengurus DPC AWII Kabupaten/Kota.

(Rinto Andreas/R. Hermanto)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar