Jokowi dan Mahfud Md Bahas Pemilu 2024 di Pertemuan di Istana Kepresidenan | Borneotribun.com -->

Selasa, 24 Oktober 2023

Jokowi dan Mahfud Md Bahas Pemilu 2024 di Pertemuan di Istana Kepresidenan

Jokowi dan Mahfud Md Bahas Pemilu 2024 di Pertemuan di Istana Kepresidenan
Jokowi dan Mahfud Md Bahas Pemilu 2024 di Pertemuan di Istana Kepresidenan.
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Prof. Mahfud Md., di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada hari Selasa. Dalam pertemuan tersebut, Presiden menyampaikan pesan penting agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan dengan lancar, termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres).

Mahfud Md. mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi juga memberikan selamat kepadanya sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

"Beliau (Presiden RI) memberikan selamat dan menyampaikan pesan agar Pemilu berjalan dengan baik. Pemilu ini bukan untuk menciptakan persaingan yang merusak, melainkan sebagai cara bersama untuk mencari wakil rakyat dan pemimpin negara yang dipilih oleh rakyat sendiri," ujar Mahfud dalam keterangannya kepada media di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI.

Menurut Mahfud, ucapan selamat dari Presiden Jokowi juga mencerminkan dukungan resmi untuk partisipasinya dalam Pilpres 2024.

"Iya, beliau memberikan selamat, yang berarti telah memberikan restu. Secara resmi, izin sudah diberikan pada tanggal 18 Oktober 2023 ketika saya mengumumkan pencalonan saya. Pagi itu, Ibu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) mengumumkan pencalonan, dan sore harinya saya mengirimkan surat kepada Presiden," kata Mahfud.

Meskipun Presiden saat itu sedang melakukan kunjungan negara ke Tiongkok dan Arab Saudi, beliau langsung merespons surat dari Mahfud.

"Beliau langsung memberikan izin pada malam harinya. Pertemuan kami baru berlangsung pada hari ini," tambah Mahfud.

Selama pertemuan tersebut, Mahfud Md. juga secara langsung meminta izin cuti kepada Presiden. Sebagai bagian dari masa kampanye, Menkopolhukam RI meminta izin cuti setidaknya selama 1 hari dalam seminggu, mulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Presiden dengan tulus menyetujui permohonan cuti tersebut dan juga menginstruksikan Mahfud untuk tetap menjalankan tugas-tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI.

Mahfud Md. akan mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden bersama dengan calon presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024. Pasangan ini didaftarkan oleh sejumlah partai politik, termasuk PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo pada tanggal 19 Oktober 2023.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menetapkan rentang waktu 19–25 Oktober sebagai masa pendaftaran pasangan calon presiden/wakil presiden untuk Pemilu 2024. Selanjutnya, pada tanggal 13 November 2023, KPU mengumumkan pasangan calon presiden/wakil presiden yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Tahap berikutnya adalah pengundian dan penentuan nomor urut pasangan calon presiden pada tanggal 14 November 2023. Masa kampanye dijadwalkan berlangsung dari tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Masa tenang akan dimulai pada tanggal 11 hingga 13 Februari 2024, diikuti oleh pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar