SMK Amaliyah Teken Kerja Sama dengan PWI Sekadau | Borneotribun.com -->

Selasa, 07 November 2023

SMK Amaliyah Teken Kerja Sama dengan PWI Sekadau

SMK Amaliyah Teken Kerja Sama dengan PWI Sekadau.
SEKADAU - SMK Amaliyah dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau menandatangani kerja sama dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penyelenggaraan kegiatan jurnalistik.

Penandatanganan kerja sama tersebut bertepatan dengan perayaan HUT ke-32 SMK Amaliyah Sekadau yang digelar di GOR Haji Matkali, Selasa, 7 November 2023. 

Kepala SMK Amaliyah Sekadau, Isnaini, mengatakan kerja sama ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka. Di dalam kurikulum tersebut pihak sekolah dituntut untuk berkreasi, terutama dalam penyusunan kurikulum. 

"Dalam kurikulum merdeka ini meminta supaya yang diajarkan di kelas itu sama dengan permintaan dunia kerja dan industri. Sehingga kita menyesuaikan antara kurikulum sekolah dengan lapangan pekerjaan. Ketika anak terjun ke lapangan, mereka tidak kaku lagi," ujarnya usai penandatanganan kerja sama. 

Sebagai implementasi dari kurikulum merdeka itu, SMK Amaliyah menjalin kerja sama dengan dunia industri. Isnaini mengatakan, khususnya di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), SMK Amaliyah Sekadau menjalin kerja sama dengan PWI Sekadau. Selain itu, pihak sekolah juga menjalin kerja sama dengan lembaga lainnya.

"Jadi momen ulang tahun ini kami gunakan untuk penandatanganan MoU. MoU ini akan segera kita tindak lanjuti, kami akan bentuk dari sekolah begitu juga PWI untuk menyusun kurikulum bersama. Ketika mereka (siswa) sudah selesai mereka tidak bingung lagi masuk ke dunia kerja," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, mengucapkan terima kasih kepada SMK Amaliyah Sekadau yang telah memberikan kepercayaan kepada PWI Sekadau untuk bekerja sama dalam rangka meningkatkan mutu SDM, khususnya di bidang jurnalistik. 

"Alhamdulillah ini merupakan langkah awal yang baik dan tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi PWI Sekadau karena kami diberikan kepercayaan untuk turut serta terlibat dalam upaya meningkatkan mutu SDM, khususnya di bidang jurnalistik. Tentunya, ini merupakan upaya kita bersama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sekadau," ungkap Dina. 

Dina mengatakan, poin-poin yang tertuang dalam perjanjian kerja sama tersebut juga sejalan dengan program kerja PWI Kabupaten Sekadau, salah satunya pelatihan jurnalistik ke sekolah. PWI Sekadau bersama SMK Amaliyah Sekadau akan segera menindaklanjuti kerja sama tersebut.

"Harapan kami tentunya dari kerja sama ini dapat menghasilkan output seperti yang diharapkan, yakni para siswa dapat meningkatkan keterampilannya di bidang jurnalistik, membuat narasi-narasi yang baik tentang sekolahnya. Ini juga merupakan bagian dari pengkaderan yang dilakukan oleh PWI Sekadau, sehingga nanti ketika siswa lulus sekolah, mereka memiliki bekal atau ilmu khususnya di bidang jurnalistik," tuturnya.


*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Buka Komentar