Laba Bank Kalbar Rp424,42 Miliar, Kontribusi Besar di Kalimantan Barat | Borneotribun.com -->

Jumat, 26 Januari 2024

Laba Bank Kalbar Rp424,42 Miliar, Kontribusi Besar di Kalimantan Barat

Aktivitas pelayanan Bank Kalbar kepada nasabah (ANTARA/Dedi)
Aktivitas pelayanan Bank Kalbar kepada nasabah (ANTARA/Dedi)
PONTIANAK - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat, atau yang lebih dikenal sebagai Bank Kalbar, telah menyumbang jumlah yang signifikan dari total laba Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat. 

Menurut Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, dalam pernyataannya di Pontianak pada hari Jumat, kontribusi tersebut mencapai 92 persen.

Menurut Rokidi, "Laba Bank Kalbar sebesar Rp424,42 miliar dan hal itu berkontribusi 92 persen dari total laba 20 BUMD di seluruh Kalimantan Barat yang sebesar Rp457,98 miliar."

Rokidi menjelaskan bahwa Bank Kalbar, yang sahamnya dikuasai oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, berperan sebagai agen pembangunan daerah dengan mengelola dana pemerintah daerah dan menyalurkan kredit kepada masyarakat, termasuk untuk mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Ia juga menambahkan bahwa jumlah kredit yang telah disalurkan oleh Bank Kalbar hingga akhir 2023 mencapai Rp15,57 triliun, meningkat dari posisi kredit per 2022 yang sebesar Rp14,46 triliun."

Terkait aset Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat pada tahun 2023, mencapai Rp956,45 triliun atau memberikan kontribusi sebesar 95 persen terhadap besaran aset BUMD yang sekitar Rp1.000 triliun.

Menanggapi pencapaian tersebut, Rokidi menyatakan, "Bersyukur di tengah pusaran politik daerah, pengelolaan BPD masih jauh lebih baik dari kebanyakan BUMD lainnya. 

Selain menjadi contoh baik dalam praktik good corporate governance (GCG) di lingkungan BUMD, BPD juga terus mencatat kinerja keuangan yang baik dan menjadi kontributor utama bagi BUMD baik dari sisi kekayaan, laba, maupun sumbangan pendapatan asli daerah."

Rokidi juga mengajak masyarakat Kalimantan Barat untuk memanfaatkan fasilitas transaksi keuangan dengan Bank Kalbar. 

Menurutnya, dengan bertransaksi di Bank Kalbar, masyarakat turut serta dalam memajukan bank yang menjadi kebanggaan daerah Provinsi Kalimantan Barat.

"Terpenting lagi, dengan kita bersama Bank Kalbar, berarti ikut memajukan ekonomi Kalimantan Barat ini. Mari selalu gunakan Bank Kalbar dalam setiap transaksi keuangan," tandasnya.

Sumber: Antara/Dedi
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar