[CEK FAKTA] Anies Sebut 171 Kecamatan di 8 Provinsi Belum Memiliki Puskesmas | Borneotribun.com -->

Selasa, 06 Februari 2024

[CEK FAKTA] Anies Sebut 171 Kecamatan di 8 Provinsi Belum Memiliki Puskesmas

[CEK FAKTA] Anies Sebut 171 Kecamatan di 8 Provinsi Belum Memiliki Puskesmas
Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan. (Borneotribun/Tim)
JAKARTA – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, menyebut ada 171 kecamatan di 8 provinsi di Indonesia belum memiliki puskesmas. Hal itu diungkapnya saat debat Capres kelima yang digelar KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam, 4 Februari 2024.

“15 dari 38 provinsi belum memiliki rumah sakit kelas A. Ini harus dibangun. Kemudian 171 kecamatan di 8 provinsi ini belum memiliki puskesmas,” sebut Anies.

HASIL CEK FAKTA
Dilansir dari Antara, Ketua Tim Kerja Kebijakan Manfaat, Kepesertaan, dan Utilisasi Review Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maria Hotnida, menyebut fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Indonesia saat ini masih belum merata.

"Ada 171 kecamatan di Indonesia yang belum memiliki puskesmas. Bahkan ada kabupaten/kota yang belum memiliki rumah sakit," kata Maria Hotnida dalam diskusi publik bertajuk "Ragam Masalah Sumber Pembiayaan Kesehatan di Daerah", di Jakarta, Kamis, 30 Maret 2023.

Selain itu, kata dia, pelayanan kesehatan kurang teralokasi secara adil. Dia menilai terkait layanan kesehatan, masyarakat miskin menerima lebih sedikit manfaat dibandingkan masyarakat berkecukupan.

"Masyarakat kurang beruntung aksesnya kurang besar. Mereka tidak menerima alokasi yang sama dibandingkan dengan masyarakat yang lebih mampu," kata Maria Hotnida.

Sementara itu, dikutip dari Rencana Aksi Kegiatan Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kemenkes, terdapat 171 kecamatan di Indonesia yang belum memiliki puskesmas.

KESIMPULAN
Klaim Anies soal 171 kecamatan di 8 provinsi belum memiliki puskesmas adalah benar. Berdasarkan data kemenkes terdapat 171 kecamatan di Indonesia yang belum memiliki puskesmas.

RUJUKAN


*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar