[Cek Fakta] SBY Diklaim Mendukung Paslon Nomor 1: Fakta atau Hoaks? | Borneotribun.com -->

Minggu, 04 Februari 2024

[Cek Fakta] SBY Diklaim Mendukung Paslon Nomor 1: Fakta atau Hoaks?

Konten distribusi dari halaman cekfakta.com. SBY Diklaim Mendukung Paslon Nomor 1: Fakta atau Hoaks.
Konten distribusi dari halaman cekfakta.com. SBY Diklaim Mendukung Paslon Nomor 1: Fakta atau Hoaks.
JAKARTA - Sebuah video yang diklaim sebagai pernyataan dukungan dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk pasangan nomor urut 1 dalam Pilpres 2024, mulai beredar di media sosial. 

Video tersebut diklaim telah disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada tanggal 31 Januari 2024. 

Dalam video tersebut, terlihat SBY mengenakan kemeja batik berwarna coklat yang memberikan pernyataan dukungan untuk pasangan nomor urut 1.

Dalam klip tersebut, terlihat juga capres nomor urut 1, Anies Baswedan, sedang berkampanye di suatu daerah. 

Dalam pernyataannya, SBY mengatakan, "Saya mendukung penuh pasangan nomor 1 karena pasangan inilah yang paling baik dan yang paling mampu untuk memimpin lima tahun mendatang. Saya senang dengan tekatnya untuk memimpin dengan adil. Saya mendengar ada perlakuan yang tidak baik terhadap pasangan ini tetaplah tegar. Pastilah Tuhan akan melindungi dan rakyat akan membela."

HASIL CEK FAKTA
Video tersebut telah dibagikan sebanyak 10 ribu kali dan mendapat lebih dari 1.600 komentar dari warganet. 

Namun, ketika ditelusuri lebih lanjut oleh Cek Fakta Liputan6.com, ditemukan bahwa video tersebut sebenarnya bukan pernyataan SBY untuk paslon nomor urut 1 di Pilpres 2024. 

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut identik dengan konten yang diunggah ke situs berbagi video YouTube dengan judul "SBY Ajak Masyarakat Pilih Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) di Pilgub Sumut" oleh kanal YouTube SBY & Demokrat for Indonesia pada 24 Juni 2018.

Dalam video yang sebenarnya, SBY mengungkapkan dukungannya untuk pasangan nomor urut 1, Eramas (Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah), dalam konteks Pilgub Sumatera Utara. 

"Saya mendukung penuh pasangan nomor 1 Eramas karena pasangan inilah yang paling baik dan yang paling mampu untuk memimpin dan memajukan Sumatera Utara lima tahun mendatang. Saya senang dengan tekatnya untuk memimpin dengan adil dan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini." kata SBY dalam video tersebut.

Penelusuran lebih lanjut melalui Google Search juga tidak menghasilkan pernyataan SBY yang mendukung paslon nomor 1 di Pilpres 2024. 

Diketahui bahwa SBY, selaku Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, telah menyatakan dukungannya untuk pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai capres-cawapres dalam Pilpres 2024.

KESIMPULAN
Video yang diklaim SBY menyatakan dukungan kepada paslon nomor urut 1 di Pilpres 2024 ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan momen ketika SBY menyampaikan dukungan kepada pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Pilkada Sumatera

RUJUKAN


*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar