Penilaian Hasto Kristiyanto terhadap Penampilan Ganjar dan Anies di Debat Kelima Pilpres 2024 | Borneotribun.com -->

Selasa, 06 Februari 2024

Penilaian Hasto Kristiyanto terhadap Penampilan Ganjar dan Anies di Debat Kelima Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) bersama politisi muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro (kanan) dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (5/2/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) bersama politisi muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro (kanan) dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (5/2/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, memberikan penilaian terhadap penampilan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam Debat Kelima Pilpres 2024. 

"Di situ Pak Ganjar Pranowo dan Pak Anies memang memiliki kemiripan karena memiliki basis, basis pengalaman sebagai gubernur yang banyak bersentuhan dengan persoalan rakyat," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Menurutnya, Prabowo Subianto terkesan defensif saat debat terakhir yang mengusung tema terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. 

"Nah, untuk itu, sebaliknya Pak Prabowo, karena pengalamannya di pertahanan, ya, hanya defense, defense, dan defense (bertahan, red)," jelasnya.

Politisi muda PDI Perjuangan, Aryo Seno Bagaskoro, juga memberikan pandangannya terhadap penampilan Prabowo dalam debat terakhir. 

"Padahal, debat tadi malam itu adalah debat tentang urusan perut rakyat, debat tentang masa depan rakyat, debat tentang kesejahteraan. Tetapi yang disampaikan Pak Prabowo berulang kali, titik poin-nya adalah bicara, misalnya, narasi persatuan, tentang narasi bagaimana para elite bisa bersatu," ujar Seno.

Dia juga mencatat Prabowo sampai berulang kali menampilkan atau mengucapkan nama-nama presiden sebelumnya, dengan hanya satu kali menyebutkan nama Joko Widodo (Jokowi).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Debat kelima Pilpres 2024 digelar di Balai Sidang Jakarta pada 4 Februari 2024, menjadi debat ketiga yang mempertemukan para calon presiden. 

KPU menyelenggarakannya dengan tema yang meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar