Sekda Kapuas Hulu Hadiri FGD Statistik Sektoral, Dorong Standar Data Indonesia | Borneotribun.com -->

Selasa, 13 Februari 2024

Sekda Kapuas Hulu Hadiri FGD Statistik Sektoral, Dorong Standar Data Indonesia

Sekda Kapuas Hulu Hadiri FGD Statistik Sektoral, Dorong Standar Data Indonesia
Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini, menghadiri acara Fokus Group Discussion (FGD) Kapuas Hulu.
KAPUAS HULU - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini, menghadiri acara Fokus Group Discussion (FGD) Kapuas Hulu dalam Angka yang diselenggarakan di gedung Aula Bank Kalbar Putussibau pada hari Senin (12/2/2024).

Dalam pidatonya, Sekda menyampaikan, "Melalui kegiatan ini, saya berharap penyelenggaraan statistik sektoral dapat menghasilkan satu data yang representatif bagi Kabupaten ini. Semua perangkat daerah diharapkan dapat menerapkan prinsip satu data Indonesia, yang mengacu pada standar data, metadata, interoperabilitas, dan kode referensi yang jelas."

FGD ini diadakan untuk mempersiapkan Kabupaten Kapuas Hulu menghadapi penilaian evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 3 Tahun 2022. Evaluasi ini dilakukan setiap dua tahun sekali.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik memberikan paparan materi kepada peserta FGD. Kadis Diskomunfotik menyatakan, "Dalam penyelenggaraan satu data Kabupaten, diperlukan sinergi yang kuat antara Sekretariat Data (BAPPEDA), Pembina Data (BPS), Wali Data (DISKOMINFOTIK), dan produsen data (Perangkat Daerah). Data ini sangat penting karena mencerminkan kinerja masing-masing perangkat daerah dan menjadi landasan perencanaan serta pertimbangan bagi Kepala Daerah dalam pengambilan keputusan atau kebijakan yang tepat sasaran untuk mewujudkan Kabupaten Kapuas Hulu yang HEBAT."

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar