Program P3-TGA I, Aloysius Berharap Panen 3 Kali Setahun | Borneotribun.com -->

Kamis, 07 Mei 2020

Program P3-TGA I, Aloysius Berharap Panen 3 Kali Setahun

Wakil Bupati Sekadau Aloysius.

BORNEOTRIBUN | Sekadau -- Sebagai upaya mendukung ketahanan pangan nasional, Pemkab Sekadau lakukan Penandatanganan Pekerjaan Kerjasama dan Fakta Integritas Periode I, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGA I) Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Kegiatan tersebut di hadiri Wakil Bupati Sekadau Aloysius dan Satker Balai Wilayah Sungai Kalimantan I, di Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulu, Sekadau, Kalbar, Senin (04/05/2020).

Satker Balai Wilayah Sungai Kalimantan I, Edy Mulyono mengatakan program tersebut dilaksanakan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Pemberdaya Air melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan I.

Dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat petani.

"Program ini ditujukan juga untuk memperkuat dan meningkatkan kemandirian masyarakat petani dalam kegiatan pengelolaan jaringan," jelas Edy Mulyono.

Melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif khususnya di wilayah pedesaan.

Proses pemberdayaan dimulai dari tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penyesuaian kegiatan dan pengelolaan jaringan irigasi.

Dengan melibatkan peran serta petani sebagai pelaksana kegiatan

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dengan baik dan dapat menjadi lumbung padi untuk memenuhi kebutuhan beras paling tidak untuk Kabupaten Sekadau, dan kalau bisa dapat mendukung ketahanan pangan nasional sesuai dengan Nawacita Presiden RI," harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sekadau Aloysius berharap dengan adanya program tersebut dapat membantu pemerintah dalam upaya penanganan ketahanan pangan terutama di sektor persawahan.

"Karena daerah kita banyak sawah banyak lokasi tapi tidak dikelola dengan baik."

"Sehingga untuk panennya tidak terkontrol berapa kali dalam satu tahun. Semoga nanti dapat dilakukan panen hingga 3 kali dalam setahun," kata Aloysius

Untuk wilayah yang mengikuti program P3-TGA I, Aloysius menyampaikan saat ini baru dua Kecamatan di Kabupaten Sekadau, yakni Kecamatan Sekadau Hulu dan Nanga Taman.

"Nanti akan kita lakukan secara bertahap untuk Kecamatan lainnya, dan semoga program ini dapat berjalan dengan baik," pungkas Wakil Bupati Sekadau itu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa dari 2 Kecamatan yang menjadi bagian pelaksanaan program.(hms/mussin)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar