Buka Kejuaraan Pencak Silat Sekda : Prestasi IPSI Ketapang Terus Naik | Borneotribun.com -->

Sabtu, 16 Desember 2023

Buka Kejuaraan Pencak Silat Sekda : Prestasi IPSI Ketapang Terus Naik

Buka Kejuaraan Pencak Silat  Sekda :  Prestasi IPSI Ketapang Terus Naik
Buka Kejuaraan Pencak Silat  Sekda :  Prestasi IPSI Ketapang Terus Naik.
KETAPANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M.,Si membuka kejuaraan pencak silat Sekda Cup II tahun 2023, pada Sabtu (16/12/2023) pagi di Lapangan Pelti Ketapang. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan kejuaraan pencak silat Sekda Cup II, diantaranya seluruh tamu undangan hingga utusan para pendekar silat yang hadir.

"Saya memang 6-7 bulan terakhir jarang ada di Ketapang karena mengikuti PKN 1, nah hari ini kehadiran saya sebagai komitmen saya selalu Ketua Pembina sekaligus Pendekar Wira Utama karena berjanji kepada panitia dan pengurus IPSI untuk hadir," katanya, Sabtu pagi.

Sekda melanjutkan, sebagai Ketua Pembina IPSI dirinya menegaskan akan konsisten untuk memberikan apa saja yang bisa dilakukan untuk kejayaan pencak silat Ketapang. 

"Karena sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi sesama, ini harus saya lakukan dan puji syukur terbukti prestasi IPSI Ketapang terus naik dan tahun 2026 kita berupaya agar menjadi juara umum Porprov Kalbar," harapnya.

Sekda menambahkan, kalau prestasi demi prestasi bisa terus dicapai tentunya berkat kerjasama dan kerja keras bersama bahkan kita harus bisa mewujudkan agar Ketapang dapat menjadi barometer kemajuan pencak silat di Kalbar.

"Apalagi saya rasa baru di Ketapang ada kejuaraan pencak silat, festival pencak silat hingga melaksanakan apel 1000 pendekar," jelasnya.

Sekda menyampaikan, bahwa tahun depan dirinya mengatakan bahwa festival pencak silat dan sekda cup akan didedikasikan untuk menyemarakkan HUT TNI dan akan dilakukan kolaborasi dengan pihak TNI baik itu Kodim maupun Lanal Ketapang.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Dandim dan Danlanal, kami sepakati 5 Oktober dimeriahkan kegiatan festival san sekda cup sengan diikuti seluruh pendekar dari penjuru Ketapang, karena TNI adalah pejuang dan pendekar juga merupakan pejuang bangsa ini sehingga kita harus bersatu dan tetap kompak," terangnya.

Sekda menyampaikan kembali ucapan terimakasih kepada Dispora Ketapang, IPSI, Koni, seluruh panitia hingga dewan juri dan berharap di kegiatan tahun depan dapat melaksanakan apel dengan menghadirkan 2.000 pendekar.

Mengakhiri sambutannya, Sekda menyampaikan beberapa pantun diantaranya makan ketupat di pasar lama, makannya duduk dekat mertua, setelah sikses kejuaraan pencak silat sekda cup pertama, mari sukseskan kejuaraan pencat silat sekda cup kedya tahun 2023.

"Berekor panjang si bebek serati, masuk kekandang diwaktu petang, IPSI Ketapang selalu pasti mengangkat marwah pencak silat Kabupaten Ketapang. Ke kendawangan dihari selasa, hari rabunya menuju manis mata, wahai pendekar bangsa mari kita singsingkan baju jaga keutuhan bangsa dan negara tercinta," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Pencak Silat Sekda Cup II, Luhur Faraytodi mengatakan kalau kegiatan ini bertujuan untuk 
mencari bibit-bibit pesilat potensial untuk persiapan menghadapi pekan olahraga pelajar daerah tahun 2024.

"Kedua untuk meningkatkan kemampuan para pesilat guna mewujudkan generasi pesilat tangguh yang dapat berprestasi dalam bingkai seni budaya pencak silat," katanya.

Dia menjelaskan, kalau peserta kejuaraan pencak silat sekda cup II sebanyak 248 peserta yang mewakili 66 kontingen atau sekolah se-kabupaten ketapang dengan waktu pelaksanaan selama 4 hari sejak 16 hingga 19 Desember mendatang.

"Kategori kejuaraan laga putra dan putri, seni tunggal baku IPSI, seni ganda, seni solo kreatif dengan perangkat pertandingan satu orang wasit juri tingkat nasional sebagai teckhnikal delegate, tiga orang wasit juri yang mempunyai sertifikasi daerah, 16 org wasit juri yang mempunyai sertifikasi daerah dan semua peserta kejuaraan sekda cup II ini sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dengan harapan dapat memberikan rasa aman baik kepadan atlet, orang tua atlet maupun official." Pungkas sekda. (***/sh)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar