KPU Kapuas Hulu Kebut 6.888 Petugas KPPS untuk Pemilu Serentak 2024 | Borneotribun.com -->

Jumat, 29 Desember 2023

KPU Kapuas Hulu Kebut 6.888 Petugas KPPS untuk Pemilu Serentak 2024

KPU Kapuas Hulu Kebut 6.888 Petugas KPPS untuk Pemilu Serentak 2024
Foto: Kantor KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. ANTARA/Teofilusianto Timotius.
KAPUAS HULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengumumkan kebutuhan akan 6.888 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu serentak 2024.

Muhammad Yusuf, Ketua KPU Kapuas Hulu, menyampaikan bahwa mereka masih kekurangan sekitar 1.268 petugas KPPS yang dibutuhkan untuk TPS di wilayah Kapuas Hulu. Meskipun sudah dilakukan pendaftaran dan seleksi, hanya 5.620 orang yang lolos administrasi dari total kebutuhan.

Dari 984 TPS yang tersebar di 278 desa dan empat kelurahan di 23 kecamatan, setiap TPS membutuhkan tujuh petugas KPPS. Yusuf menyoroti kurangnya sumber daya manusia di tingkat desa, di mana banyak tamatan SMA telah meninggalkan kampung halaman untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di daerah lain.

Untuk mengatasi kekurangan ini, KPU memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan mereka yang tidak tamat SMA namun memiliki kemampuan membaca dan menulis untuk menjadi petugas KPPS. Selain itu, PPS di desa diberi wewenang melakukan penunjukan langsung dengan koordinasi tokoh masyarakat setempat, yang akan diumumkan pada 30 Desember 2023.

Yusuf menegaskan pentingnya selektivitas dalam merekrut petugas KPPS untuk menjamin netralitas dalam melaksanakan tugas di TPS pada pemilu mendatang.

Source: Antara/Teofilusianto Timotius

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar