Disdikbud Serahkan Bantuan Aksesoris Tradisional Kepada DAD Sanggau | Borneotribun.com -->

Rabu, 27 Januari 2021

Disdikbud Serahkan Bantuan Aksesoris Tradisional Kepada DAD Sanggau

Disdikbud Serahkan Bantuan Aksesoris Tradisional Kepada DAD Sanggau.

BORNEOTRIBUN | SANGGAU, KALBAR - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau menyerahkan bantuan aksesoris tradisional kepada Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau. Penyerahan bantuan berlangsung di Kantor Dikbud Sanggau, Selasa ( 26/1/ 2021).

Bantuan itu diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono dan diterima langsung Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau, Urbanus.

“Hari ini kita menyerahkan bantuan kegiatan fasilitasi perkembangan keragaman budaya berupa aksesoris-aksesoris tradisional ke DAD Kabupaten Sanggau,”kata Sudarsono.

Dikatakanya, Barang-barang yang diserahkan berupa baju penari putra dan putri, rompi kulit kayu pria dan wanita, topi rajut rotan pria dan wanita, manik-manik, syal kapuak dan syal tenun ikat.

“Kita berharap barang-barang ini bisa dimanfaatkan oleh DAD sebagai kelengkapan atribut dalam melaksanakan setiap even kegiatan,”harapnya.

Sementara itu, Sekretaris DAD Kabupaten Sanggau, Urbanus mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau atas kepeduliannya terhadap perkembangan budaya daerah.

“Aksesoris-aksesoris tradisional ini tentu sangat bermanfaat, Saya berharap kepedulian ini dapat terus berlanjut,”tuturnya.

Mantan Anggota DPRD Sanggau tiga periode itu menjelaskan bahwa bantuan ini sangat penting bagi DAD. Terutama untuk memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat adat dayak bahwa budaya dayak itu tidak hanya sebatas gawai atau pesta padi saja.

“Kita punya ciri khas tersendiri dan unik menurut saya, Ini harus terus dikembangkan oleh masyarakat. Dan Aksesoris-aksesoris ini nantinya bisa digunakan pengurus pada acara-acara tertentu seperti ritual adat,”pungkasnya.

(Yk/Lb)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar