Empat Tips Cara pilih Meja Makan | Borneotribun.com -->

Sabtu, 03 April 2021

Empat Tips Cara pilih Meja Makan

Gambar iStock

Salah satu furniture yang mempercantik rumah dan paling sering digunakan adalah meja makan. Banyak pilihan harga, ukuran, bahan dan bentuk model meja makan yang beredar di pasaran. 

Namun, menemukan meja makan yang cocok dengan interior kadang juga cukup rumit. 

Meja makan yang digunakan tentunya harus memungkinkan semua anggorta keluarga bisa ikut duduk dengan nyaman, tentunya masih menyisakan sedikit ruang untuk berjalan. 

Agar tersedia cukup ruang untuk meletakkan makanan dan berbagai menu lainnya, setidaknya lebar mejanya sekitar 90cm. 

Dan untuk ukuran panjangnya, biasanya akan bertambah menyesuaikan pertambahan lebar meja. 

Adapun tips dalam memilih meja makan yang sesuai, diantaranya: 

Empat Tips Cara pilih Meja Makan


1. Tentukan Ukuran Meja Makan

Ketika akan menggunakan meja makan, perlu Anda pertimbangkan apakah meja akan menjadi bagian dari ruang serbaguna atau ruang makan yang terpisah. 

Empat Tips Cara pilih Meja Makan
Gambar iStock

Anda bisa mulai dengan mengukur panjang dan lebar ruangan yang dipakai. Lalu, kurangilah sekitar enam meter dari kedua ukuran ruangan tersebut untuk mendapatkan panjang dan lebar meja makan yang harus Anda beli. 

2. Tentukan Bentuk Meja Makan

Gambar iStock

Yang paling umum, bentuk meja makan adalah persegi dan persegi panjang. Ada juga meja makna bundar atau oval, namun akan memberi Anda sedikit ruang untuk bergerak karena memotong sudut meja. 

Tetapi meja bundar atau oval menjadi tempat yang cocok untuk mengobrol karena tidak memiliki sisi. 

3. Perhatikan Model Kaki Meja

Bagian kaki meja ada yang berbentuk trestle (empat kaki dengan penopang yang saling silang), pedestal (satu kaki utama dengan penumpu empat atau tiga kaki di ujungnya), atau kaki empat biasa. Bentuk kaki meja makan seperti ini juga menentukan ruang yang tersedia untuk pergerakan kaki saat digunakan. 

Gambar iStock

Ada baiknya sebelum membeli, untuk mencoba meja makan dahulu untuk merasakan nyaman tidaknya posisi kaki Anda ketika menggunakannya. 

4. Pilih Material yang Tepat

Memilih material meja makan lumayan sulit. Ada beberapa hal yang mesti dieprtimbangkan seperti mempertimbangkan harga, kemudahan perawatan, dan gaya sesuai selera. Beberapa jenis material meja makan yang bisa Anda pertimbangkan antara lain: 

Gambar iStock

  • Kayu. Kayu adalah material klasik yang awet dan tahan lama serta mudah diperbaiki.
  • Veneer. Veneer merupakan salah satu material meja makan yang paling populer sebagai pengganti kayu. Harganya jauh lebih murah daripada kayu.
  • Batu. Meja batu biasanya dibuat dengan marmer, kuarsa, atau bebatuan lain yang mirip semen. Meja makan marmer sangat cocok untuk tampilan formal yang elegan dan mewah.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika memilih meja makan. Semoga bermanfaat!

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar