Atur Keuangan Pribadi, Ini Cara Sederhananya | Borneotribun.com -->

Jumat, 02 Juli 2021

Atur Keuangan Pribadi, Ini Cara Sederhananya

Atur Keuangan Pribadi, Ini Cara Sederhananya
Foto: Pixabay

BorneoTribun.com - Masalah finansial terkadang membuat kita stres hingga frustasi. 

Jika tidak dapat mengatur keuangan dan menata pendapatan serta pengurangan dengan baik.

Untuk itu, penting bagi kita untuk belajar mengatur keuangan sehingga hasilnya nanti dapat kita nikmati. 

Untuk melakukannya mari mulai dengan cara yang sederhana sebelum ke tahap yang lebih sulit. Ini dia cara mengatur keuangan dengan baik:

1. Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Jika tidak membuat catatan keuangan pribadi, maka kita tidak bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik.Kegunaan catatan pribadi sangatlah banyak. 

Foto: Pixabay

Cara ini merupakan cara dasar yang bisa kita lakukan untuk mulai mengatur keuangan pribadi dengan baik.

2. Buat Anggaran Bulanan

Untuk membuat anggaran bulanan, ada formula yang bisa kita gunakan yaitu 40 - 30 - 20 - 10, maksudnya adalah 40 persen pendapatan untuk biaya pengeluaran sehari-hari, seperti biaya tagihan bulanan hingga keperluan belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Foto: Pixabay

30 persen pendapatan untuk membayar cicilan hutang apabila memiliki hutang. Selanjut, 20 persen pendapatan untuk menabung atau investasi demi finansial yang baik di masa depan.

3. Buat Dana Darurat dari Tabungan Investasi

Dana darurat adalah dana yang amat penting untuk mengantisipasi keadaan darurat atau urgen sehingga tidak mempengaruhi kondisi keuangan kita.

Foto: Pixabay

Dalam hidup tentu akan banyak kejadian atau musibah di luar dugaan yang mungkin terjadi, sehingga kita harus memiliki dana darurat. Dana darurat bisa kita dapatkan dari dana yang kita kumpulkan di tabungan investasi.

4.Jangan Lupa Punya Asuransi

Beberapa orang masih berpikir kegunaan dari memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Mereka merasa rugi setiap kali membayar asuransi namun merasa tidak mendapatkan manfaatnya. 

Seperti yang dikatakan di poin sebelumnya bahwa kita tidak bisa memprediksi apa yang mungkin terjadi atau musibah yang mungkin kita hadapi kelak

5.Segera Bayar Utang dan Kredit

Untuk membayar dan melunasi hutang serta cicilan apabila kamu memilikinya.Karena jika kamu mengabaikan hal tersebut, maka itu akan menjerat kamu di kemudian hari. 

Dan akhirnya akan mengganggu kamu dalam mengatur keuangan pribadi.(*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar