Kurangnya Waktu Bersama Orang Tua Mempengaruhi Perkembangan Anak | Borneotribun.com -->

Kamis, 01 Februari 2024

Kurangnya Waktu Bersama Orang Tua Mempengaruhi Perkembangan Anak

Psikolog pendidikan lulusan Universitas Indonesia Orissa Anggita Rinjani M.Psi dalam konferensi pers Transpulmin A Touch to Remember di Jakarta, Rabu (31/1/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)
Psikolog pendidikan lulusan Universitas Indonesia Orissa Anggita Rinjani M.Psi dalam konferensi pers Transpulmin A Touch to Remember di Jakarta, Rabu (31/1/2024) (ANTARA/Fitra Ashari)
JAKARTA - Psikolog pendidikan lulusan Universitas Indonesia, Orissa Anggita Rinjani M.Psi, mengemukakan bahwa kurangnya waktu berkualitas bersama orang tua dapat menghambat pencapaian tugas perkembangan sesuai usia anak dan mengakibatkan kesulitan dalam membangun hubungan dengan orang lain.

"Kalau dari kecil merasa kelekatan kurang, dia akan sulit menjalin hubungan dengan orang lain, seperti apa aku harusnya berinteraksi, bagaimana mengutarakan keinginan, itu mempengaruhi tugas perkembangan lainnya," ungkap Orissa dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Sebagai psikolog ruang konseling di Rumah Dandelion, Orissa menyatakan bahwa dampak negatif dari jarangnya interaksi anak dengan orang tua adalah terganggunya kesejahteraan emosional dan psikologisnya.

Menurutnya, dalam hierarki kebutuhan, setelah kebutuhan dasar terpenuhi, anak perlu merasa aman dan dicintai agar dapat mengembangkan aktualisasi diri dan kepercayaan diri. 

Ketika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, tugas perkembangan lainnya seperti kognitif dan psikologis akan terpengaruh.

"Jadi selain memikirkan apa yang harus dia capai di usianya, kita isi dulu dengan kelekatan dan koneksinya dulu. Kalau itu tidak terbangun, tugas perkembangannya akan makin sulit, bisa mempengaruhi baik perkembangan sosial, kognitif, kesehatan mental, dan pencapaian akademisnya," jelas Orissa.

Orissa menyarankan agar orang tua, meskipun memiliki waktu yang terbatas karena keharusan bekerja, minimal meluangkan waktu 15 menit bersama anak. 

Waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk berfokus pada anak dengan tidak hanya memberikan instruksi, tetapi juga dengan berbicara dan menatap mata anak untuk membangun koneksi.

Dengan berkomunikasi dengan anak, frekuensi sentuhan juga akan meningkat dibandingkan dengan bermain, dan hal ini secara otomatis akan menambah muatan emosional karena orang tua dapat menyentuh anak dengan cara memeluk atau mengusap kepala.

"Ini akan membantu menciptakan momen yang berharga meskipun singkat. Meskipun jumlah waktu yang tersedia terbatas, bagaimana cara kita menghabiskan waktu tersebut dengan anak juga memiliki makna yang penting," tutup Orissa.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar