HUT Ke-65 Kabupaten Mempawah, Ini Pesan Hermawansyah | Borneotribun.com -->

Sabtu, 06 Juli 2024

HUT Ke-65 Kabupaten Mempawah, Ini Pesan Hermawansyah

Foto: Hermawansyah, Pendiri Gemawan. (Dok. Izhar)

MEMPAWAH – Seluruh orang yang memiliki cerita dan pengalaman panjang di Kabupaten Mempawah Tengah merayakan sukacita mendalam Bumi Galaherang Ke 65 Tahun 2024.

Disela agenda menutup kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat peduli api (MPA) di Desa Antibar, Kamis (4/7/2024) sore. Wawan sapaan lekatnya menyempatkan saat diwawancarai mengatakan Mempawah ini sebetulnya punya modalitas yang cukup besar di konteks keanekaragaman hayati atau sumber daya alam, khususnya pada konteks sebaran lahan gambut yang cukup besar di Kabupaten Mempawah ini maka mestinya Pemerintah Kabupaten Mempawah menjadi bagian dari upaya global untuk bagaimana melakukan pemulihan ekosistem gambut yang rusak.

“Dengan itu kerja-kerja restorasi gambut, kerja-kerja penguatan kapasitas MPA, penguatan desa dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, plus juga penyelamatan ekosistem gambut, setelah lingkungan hidup yang lestari di Kabupaten Mempawah ini menjadi sangat penting untuk diletakkan kerangka kebijakannya di tingkat Pemerintah Kabupaten Mempawah,” ucap Wawan yang merupakan Alumni SMA 1 Mempawah.

Pada HUT Kabupaten Mempawah yang tepat jatuh hari Kamis (4/7) wawan bermimpi ke depannya penting untuk menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Mempawah, apalagi ini di momentum Kabupaten Mempawah yang sedang berulang tahun ke-65 pada hari ini.

"Sudah saatnya, Kabupaten Mempawah ini berangkat dari modalitas yang dimiliki, lalu juga tantangan setiap kebutuhan yang sekarang sedang berlangsung,” pungkas pria kelahiran Sungai bakau kecil ini.

“Mempawah itu harus berdiri karena menjadi garda terdepan mempelopori bagaimana menyelamatkan ekosistem gambut yang ada, yang sudah rusak diperbaiki, sekaligus itu juga akan berkontribusi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca, sehingga Kabupaten Mempawah itu bisa menjadi bagian dari upaya global untuk mencegah perubahan iklim yang iklim yang ekstrim. Dengan begitu mempawah itu akan tercatat dalam kerangka kerja para pihak yang ada di tingkat nasional bahkan internasional, di mana Mempawah itu punya pengalaman dan inovasi yang bisa menjadi katakanlah inspirasi bagi kabupaten dan kota yang lainnya,” tambahnya.

Hermawansyah juga mengungkapkan harapannya untuk Kabupaten Mempawah unjuk gigi dalam banyak penyelamatan lingkungan atau sumber daya alam yang tersisa di Kabupaten Mempawah ini sehingga bumi galaherang ke depan insyallah akan kembali Lestari dan akan kembali Bestari. (Izr)


*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar