Cegah Penyebaran Corona : Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker dan Vitamin C Gratis Kepada Ojek Perahu dan Pedagang Keliling | Borneotribun.com -->

Kamis, 27 Agustus 2020

Cegah Penyebaran Corona : Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker dan Vitamin C Gratis Kepada Ojek Perahu dan Pedagang Keliling

Foto: PMM UMM


BORNEOTRIBUN - PMM UMM merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan suatu manfaat kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. PMM UMM terdiri dari 5 mahasiswa Aktif Universitas Muhammadiyah Malang.


Maka dari itu, mahasiswa asal Kalimantan Barat yang tergabung dalam PMM UMM Gelombang 6 Kelompok 2 yang dibimbing oleh Bapak Setiya Yunus, M.Pd, melakukan kegiatan PMM di desa sendiri, yaitu di desa Meliau Hulu. 


Desa Meliau Hulu yang masuk dalam Kecamatan Meliau saat ini merupakan wilayah zona hijau, dapat diketahui dari website https://covid19.sanggau.go.id/ yang artinya tidak ada kasus positif Covid 19 sama sekali yang terjadi di Kecamatan Meliau ini. Namun guna meningkatkan kesadaran masyarakat desa Meliau Hulu, Mahasiswa PMM UMM  membuat sebuah kegiatan yang terlihat kecil dan biasa, namun memiliki manfaat yang besar. Dengan program pembagian masker dan vitamin C kepada bapak-bapak pekerja ojek perahu dan para pedagang keliling yang terdapat di Desa Meliau Hulu, Kec. Meliau, Kab. Sanggau dan berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Sabtu, 15 Agustus dan Minggu, 16 Agustus.  

Foto: PMM UMM


“Karena ketersatuan antara masyarakat dan sungai Kapuas maka banyak masyarakat desa Meliau Hulu yang bekerja sebagai ojek perahu. Ojek perahu merupakan pekerjaan yang selalu melakukan interaksi dengan orang banyak, baik kepada masyarakat Desa Meliau Hulu sendiri dan masyarakat luar Desa Meliau Hulu. Sebagai contoh para ojek perahu bekerja sebagai pengantar orang untuk menyeberangi sungai Kapuas, sehingga mau tidak mau mereka harus menyebrangi penumpang yang akan naik ke perahu mereka walaupun penumpangnya berasal dari masyarakat luar desa Maka dari itu, kami mengajak para ojek perahu untuk tetap menjaga kesehatan mereka di tengah masa adaptasi kebiasaan baru saat ini dengan memperhatikan protocol kesehatan saat bekerja dengan menggunakan masker, dan meminum vitamin C” Ujar Dwi Hastari selaku Koordinator dari PMM UMM Kelompok 2 Gelombang 6 di Desa Meliau Hulu ini. 

Foto: PMM UMM


Tidak hanya memberikan masker dan vitamin C secara gratis kepada ojek perahu. PMM UMM Meliau Hulu juga memberikan masker dan vitamin C gratis kepada para pedagang keliling yang terdapat di Desa Meliau Hulu sendiri. Tidak hanya membagikan masker dan vitamin C, mahasiswa PMM UMM Meliau Hulu juga mengedukasi pedagang sayur dan ojek perahu tentang virus Covid 19 yang sedang mewabah saat ini. 

Dengan adanya pembagian masker dan vitamin C gratis ini, diharapkan para pekerja ojek perahu dan pedagang keliling tetap menjaga kesehatannya dan memperhatikan protocol kesehatan saat bekerja, mengingat resiko dari pekerjaannya yang teramat besar. 

Cek dan ikuti kegiatan kita di Instagram: Pmm.umm.meliau.


(Tim Liputan)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar