Simak informasi berikut tentang Hari Palang Merah Indonesia dan sejarahnya | Borneotribun.com -->

Jumat, 02 September 2022

Simak informasi berikut tentang Hari Palang Merah Indonesia dan sejarahnya

Simak informasi berikut tentang Hari Palang Merah Indonesia dan sejarahnya
Logo Palang Merah Indonesia (PMI). (BorneoTribun/Ho-PMI)

BorneoTribun Jakarta - Simak informasi berikut tentang Hari Palang Merah Indonesia dan sejarahnya. Hari Palang Merah Indonesia yaitu salah satu hari penting yang diperingati pada bulan September setiap tahunnya. 

Palang Merah Indonesia atau PMI adalah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan. 

Simak informasi berikut ini Bagi Mengenal lebih lanjut tentang Hari Palang Merah Indonesia dan sejarahnya. 


Kapan Hari Palang Merah Indonesia? Tanggal 3 September 


Hari Palang Merah Indonesia diperingati setiap tanggal 3 September. Pada tahun ini, Hari Palang Merah Indonesia jatuh pada Sabtu, 3 September 2022. 

Hari Palang Merah Indonesia 2022 ini Adalah peringatan berdirinya Hari Palang Merah Indonesia (PMI) yang keempat77.  

Peringatan Hari Palang Merah Indonesia pada tanggal 3 September itu didasarkan pada sejarahnya ketika Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno mengeluarkan perintah Untuk membentuk badan Palang Merah Nasional pada tanggal 3 September 1945. 

Bagi Diketahui, di bulan September ini hari bersejarah tentang Palang Merah di Indonesia diperingati sebanyak dua kali Adalah Hari Palang Merah Indonesia dan Hari Palang Merah Nasional. 

Pada tanggal 3 September diperingati yang merupakan Hari Palang Merah Indonesia dan pada tanggal 17 September diperingati yang disebut Hari Palang Merah Nasional. 

Untuk Tahu lebih lanjut, simak sejarahnya berikut ini. 


Sejarah Hari Palang Merah Indonesia Diperingati 3 September 

Sejarah Hari Palang Merah Indonesia Diperingati 3 September
Gambar pixabay.
Histori kepalangmerahan di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak era sebelum Perang Dunia Kedua. 

Diambil dari Web resmi Palang Merah Indonesia (PMI), pada 21 Oktober 1873, Palang Merah di Indonesia didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama Nederlandse Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai), yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang. 

Akhirnya, perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia Berasal sejak lebih kurang tahun 1932.Kegiatan Itu dipelopori oleh Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan dan Memperoleh bantuan Lapang Terutama dari kalangan terpelajar Indonesia. 

Pada tahun 1940, ide pendirian PMI itu dibawa ke dalam sidang Konferensi Nerkai. Tapi, akhirnya ditolak mentah-mentah. Kemudian, konsep Itu disimpan Bagi menunggu kesempatan yang Tepat. 

Di masa pendudukan Jepang, Kelompok pelopor pendiri PMI mengetes balik lagi membentuk Badan Palang Merah Nasional. Namun, sekali lagi upaya Itulah dihalangi Pemerintah Tentara Jepang, sehingga Untuk Dua Kali konsep itu juga harus balik disimpan. 

Setelah Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 3 September 1945, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah Bagi membentuk suatu hal badan Palang Merah Nasional. 

Dan atas perintah Itu, Oleh Karenanya pada 5 September 1945 dibentuklah Panitia 5 oleh Dr. Buntaran yang saat itu menjabat yang merupakan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I. 

Akhirnya, Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibuat pada 17 September 1945. Perhimpunan Palang Merah Indonesia Saat itu diketuai oleh Mohammad Hatta. 

Palang Merah Indonesia telah banyak Kerjakan kegiatan bantuan seperti terhadap korban perang revolusi kemerdekaan Republik Indonesia dan pengembalian tawanan perang sekutu maupun Jepang. Atas gara-gara kinerja Tersebut, PMI Memperoleh pengakuan melalui langkah Internasional pada tahun 1950 dengan menjadi Anggota Palang Merah Internasional dan disahkan keberadaannya dengan cara nasional melalui Keppres No.25 tahun 1959 dan kemudian diperkuat dengan Keppres No.246 tahun 1963. 

Oleh karena itu, pada bulan September hari bersejarah Palang Merah di Indonesia diperingati atau dirayakan sebanyak dua kali Yakni Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada tanggal 3 September 2021 dan Hari Palang Merah Nasional diperingati pada tanggal 17 September 2021. 

Demikian informasi tentang Hari Palang Merah Indonesia yang diperingati pada tanggal 3 September dan sejarahnya. Semoga bermanfaat. 

(yk/ant)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar